Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Xanax di Usia 15 Tahun, Marshanda Ungkap Perubahan Perilaku Setelah Tiba-tiba Memutuskan Berhenti

Kompas.com - 09/01/2024, 15:00 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktris Marshanda mengungkap cerita awal dirinya didiagnosa bipolar  setelah mengonsumsi Xanax atas saran seorang kenalan.

Diungkap Marshanda, sebelum didiagnosis gangguan bipolar, meskipun dulu sibuk antara sekolah dan syuting, dan kedua orangtua bercerai, aktris yang akrab disapa Caca ini termasuk anak yang ceria tanpa merasa ada gejala bipolar.

"Enggak ada (gejala bipolar). Aku adalah anak remaja yang bahagia, yang mencintai hidup, ceria, penuh semangat, seneng sekolah, syuting," kata Marshanda dikutip dari YouTube Richard Lee.

Sampai suatu ketika ada orang dekat dia yang merasa kasihan melihat Marshanda kurang tidur karena kesibukannya, menyarankan untuk mengonsumsi Xanax.

Baca juga: Marshanda Ungkap Alasan Unggah Video Joget-joget yang Viral pada 2009

"Orang deket gue ini, gue enggak akan kasih tahu siapa, dia worry banget sama keadaan gue yang enggak pernah tidur, kalau tidur baru jam 3 pagi, 4 pagi, jam 6 sudah harus ke sekolah," tutur Marshanda. 

"Akhirnya dia bilang 'ada obat namanya Xanax, ambil aja kalau enggak bisa tidur. Tapi setengah pil aja ya.' Gue kayak 'oh ya udah,' awalnya blank enggak tahu itu apa, ya udah gue minum," lanjutnya yang saat itu masih berusia 15 tahun.

Sebenarnya Marshanda sempat bertanya pada seseorang yang berprofesi sebagai dokter, tapi orang tersebut mengatakan tidak bahaya jika dikonsumsi terus menerus.

Itu yang membuat Marshanda akhirnya tak berhenti mengonsumsinya.

Baca juga: Marshanda Sebut Ada Selebritas Terkenal Dilarang Berteman dengannya karena Idap Bipolar

Bahkan dosisnya terus bertambah. Dari yang awalnya setengah pil menjadi satu pil kemudian menjadi 1,5 pil dan akhirnya menjadi dua pil pada suatu malam.

Saat mengonsumsi dua pil Xanax, Marshanda mulai merasa curiga karena dia justru sama sekali tidak bisa tidur.

"Sempat terakhir banget minum dua pil dalam satu malam enggak bisa tidur sampai jam 6 pagi," kata Marshanda.

"Malam itu juga gue memutuskan enggak akan minum lagi, karena merasa ada yang salah, langsung dong gue stop," imbuhnya.

Setelah berhenti mengonsumsi Xanax secara tiba-tiba, Marshanda mulai merasakan sikapnya berubah. Hal itu juga dirasakan oleh orang-orang disekitarnya.

"Gue enggak tahu juga kenapa jadi pemarah, kenapa jadi gampang sensitif, jadi kayak gampang irritable, marah-marah, gampang konflik," ucap Marshanda.

"Keluarga gue dan orang-orang di lokasi syuting lihat, (mereka) khawatir. Akhirnya gue dibawa lah ke psikiater itu," imbuhnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com