Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ndhank Surahman Sebut Andre Taulany Belum Respons soal Larangan Bawakan Lagu Mungkinkah

Kompas.com - 02/01/2024, 23:15 WIB
Cynthia Lova,
Dian Maharani

Tim Redaksi


DEPOK, KOMPAS.com- Ndhank Surahman Hartono mengatakan, tak ada respon dari Andre Taulany mengenai somasi yang dilayangkannya terkait hak cipta lagu “Mungkinkah.”

Adapun, Ndhank juga melarang Andre Taulany dan Stinky untuk membawakan lagu “Mungkinkah.”

“Itu hanya Andre, hanya Andre aja Andre saya WhastApp, saya telepon enggak direspons sama sekali,” ujar Ndhank di daerah Cinere, Depok, Jawa Barat, Selasa (2/1/2024).

Baca juga: Stinky Reborn Disomasi Ndhank Surahman, Irwan Batara: Kayak Main-main

Bahkan, menurut Ndhank, Andre tidak pernah basa-basi kepadanya untuk izin membawakan lagu “Mungkinkah” tiap kali manggung atau berada di suatu acara talk show.

Ndhank melayangkan somasi karena sudah ada aturan perihal royalti mengenai pencipta lagu.

Dia juga mengatakan ada banyak dorongan dari rekan-rekan pencipta lagu mengenai kebutuhan hak royalti yang belum didapatkan.

“Tujuan saya (somasi) untuk membahas direct lisence untuk performing. Jadi selama ini tidak ada bahasan sama saya. Tidak ada basa basi apapun. Itu sudah lama, mungkin udh lama Andre suka bawakan lagu-lagu ‘Mungkinkah,” kata Ndhank.

Sementara, untuk Stinky, Ndhank mengatakan, ia masih berhubungan baik.

Ndhank hanya meminta performing rights dari Stinky setiap tampil membawakan lagu “Mungkinkah” di event atau konser-konser musik.

“Kalau untuk teman-teman Stinky masih ada hubungan, masih baik. Cuma ini kan masalah enggak ada masalah pribadi. Hanya sisi bisnisnya aja di sini bukan yang sisi untuk…,” ucap Ndhank.

“Ya kita enggak munafik ya dari setiap performance itu kan ada bisnisnya, ya itu setiap pengarang lagu kan punya hak. Itu aja sih yang ditekankan di sini,” lanjut Ndhank.

Ndhank mengatakan, ia sempat berdiskusi mengenai performing right kepada pihak Stinky. Namun, saat itu tak ada kesepakatan dari para personel Stinky.

“Waktu itu saya minta hanya 2% dari setiap mereka tampil event. Karena sebetulnya yang membayar ini bukan Stinky maupun Andre tapi yang membayar ini copyright performing ini kan penyelenggara sendiri,” ujar Ndhank.

“Nah itu saya heran mengapa saya minta hak, bukan mereka yang mengeluarkan uang harusnya itu kan penyelenggara event tapi mereka tetap enggak terima mungkin mereka kurang paham atau kurang mengerti saya juga enggak tahu yang penting saya sudah mengajukan seperti itu dan teman-teman Stinky juga tidak terima, untuk saudara Andre sendiri belum ada respon,” tutur Ndhank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com