Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokalis Band Punk The Pogues Shane MacGowan Meninggal Dunia

Kompas.com - 30/11/2023, 21:28 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Shane MacGowan vokalis dan gitaris band Punk The Pogues meninggal dunia di usia 65 tahun.

Shane MacGowan yang dikenal sebagai pentolan The Pogues band punk asal Inggris ini meninggal pada Kamis (30/11/2023).

Kabar tersebut dibenarkan dalam pernyataan bersama oleh istrinya, Victoria Mary Clarke, serta saudara perempuannya Siobhan dan ayahnya Maurice.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Lullaby of London - The Pogues

“Dengan kesedihan yang terdalam dan hati yang paling berat kami mengumumkan meninggalnya Shane MacGowan. Shane meninggal dengan tenang pada pukul 3 pagi tadi (30 November 2023) didampingi istrinya Victoria dan keluarganya,” ucap pihak keluarga seperti dilansir NME, Kamis.

Victoria Mary Clarke kemudian memposting penghormatannya yang mendalam kepada suaminya di halaman Instagram pribadinya. Pasangan itu baru saja merayakan ulang tahun pernikahan kelima mereka beberapa hari yang lalu.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Fairytale of New York - The Pogues

Saya tidak tahu bagaimana mengatakannya, jadi saya hanya akan mengatakannya. Shane yang akan selalu menjadi cahaya yang kupegang di hadapanku dan ukuran impianku dan cintaku dalam hidupku dan jiwa terindah dan bidadari cantik serta matahari dan bulan serta awal dan akhir dari segala sesuatu yang kusayangi telah pergi bersama Yesus dan Maria serta ibunya yang cantik, Therese,” tutur Victoria memulai penghormatannya.

Terima kasih terima kasih terima kasih terima kasih atas kehadiranmu di dunia ini, kamu membuatnya sangat cemerlang dan kamu memberikan begitu banyak kegembiraan kepada banyak orang dengan hati dan jiwa serta musikmu. Kamu akan hidup di hatiku selamanya. Bersenang-senanglah di taman yang basah kuyup oleh hujan yang sangat kamu cintai. Kamu sangat berarti bagiku,” kata Victoria Mary Clarke.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Misty Morning, Albert Bridge - The Pogues

Penghormatan lainnya pun berdatangan untuk Shane MacGowan, termasuk dari teman dekatnya Nick Cave, yang mengatakan bahwa dia adalah “teman sejati dan penulis lagu terhebat di generasinya. Hari yang sangat menyedihkan.”

Musisi Frank Turner dan Tim Burgess juga menyampaikan dukacita sekaligus penghormatan untuk Shane MacGowan.

Band asal Inggris-Irlandia ini terkenal lewat lagu tahun 1987 berjudul “Fairytale Of New York” yang menampilkan Kirsty MacColl.

Baca juga: Lirik dan Chord If I Should Fall from Grace with God - The Pogues

Selain lagu tersebut, band The Pogues juga merekam banyak hits sepanjang tahun 80an dan awal 90an, termasuk “The Old Main Drag”, “A Pair Of Brown Eyes” dan “A Rainy Night In Soho” serta sampul standar Irlandia “Dirty Old Town” dan “The Irish Rover”.

Musik The Pogues sendiri bersifat politis dan memadukan punk dengan folk Irlandia, menggunakan instrumen seperti mandolin, banjo, dan peluit timah, dan mereka dengan cepat menjadi terkenal karena pertunjukan live mereka yang riuh.

Dia pernah menjadi subjek film dokumenter tahun 2020, berjudul Crock of Gold: A Few Rounds With Shane MacGowan, yang menceritakan kehidupannya dari masa kecilnya di Tipperary hingga perkenalannya dengan punk dan kariernya bersama The Pogues.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Sally McLennane - The Pogues

Shane MacGowan diketahui telah sakit selama beberapa waktu dan keluar dari rumah sakit minggu lalu, tempat dia dirawat sejak Juni setelah dirawat di perawatan intensif karena masalah kesehatan yang tidak dijelaskan secara spesifik. Dia dirawat di rumah sakit pada awal Desember 2022 karena ensefalitis.

Dia juga telah menggunakan kursi roda sejak tahun 2015 setelah beberapa kali terjatuh, yang menyebabkan tulang panggul dan lutut kanannya patah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com