Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2023, 18:09 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Enzy Storia berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di sebuah universitas swasta di Tanah Air.

Hal tersebut diumumkan Enzy melalui unggahan Instagram pribadinya.

Enzy menceritakan perjalanan awalnya hingga dia memutuskan untuk berkuliah lagi pada 2019.

"13 tahun yang lalu di saat lulus SMA sedih banget rasanya harus menunda untuk kuliah karena sakit dan harus mulai bekerja, melihat teman-teman yang mulai ospek lalu 4 tahun kemudian dateng ke wisuda mereka," tulis Enzy dikutip dari akun @enzystoria, Minggu (19/11/2023).

Baca juga: Akhirnya Merasakan Wisuda Setelah Tunda Kuliah 9 Tahun, Enzy Storia: Janjinya Udah Ditepatin ya Ma

"2019 memberikan hadiah untuk diri sendiri daftar kuliah dan memilih untuk online saja yang penting tetep dapet ilmunya dengan waktu yang lebih flexible jadi enggak ada alasan untuk enggak selesai," tulis Enzy.

Enzy pun mulai ikut kuliah online dan mengerjakan semua kewajibannya sebagai mahasiswa di tengah kesibukannya di dunia hiburan.

"Tidak mudah awalnya, cuma dijalani saja, dikerjakan tugas tugasnya dan menempatkan hal ini menjadi salah satu prioritas," tulis Enzy.

Istri dari Molen Kasetra itu menambahkan, setahun terakhir merupakan tahap tersulit di perkuliahan yang harus dia lalui.

Perbedaan waktu 12 jam antara Jakarta-Amerika, tempat Enzy menetap saat ini, menjadi kesulitan tersendiri.

Baca juga: Enzy Storia Bagikan Foto Bareng Kendall Jenner

"Setahun terakhir semester 7-8, paling susah dijalaninya. Padatnya waktu kerja, mempersiapkan pernikahan dan bimbingan skripsi di saat perbedaan waktu 12 jam dengan Jakarta," tulis Enzy.

Enzy bangga bisa melewati itu semua dan dinyatakan lulus sebagai sarjana jurusan Ilmu Manajemen.

"Tapi akhirnya datang juga hari di mana bisa wisuda dan dinyatakan lulus sebagai Sarjana Management. Terima kasih untuk semua yang membantu enzet selama 4 tahun ini menyelesaikan semuanya," tulis Enzy.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Enzy Storia Leovarisa (@enzystoria)

Enzy mengambil satu pelajaran bahwa tak ada yang tak mungkin apabila seseorang mau bersungguh-sungguh.

"Sekali lagi dibuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin jika bersungguh-sungguh menjalankannya," tutup Enzy Storia.

Saat ini Enzy Storia tinggal di Amerika Serikat, mendampingi suaminya, Maulana Kasetra, seorang diplomat muda yang bertugas di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com