Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik soal Kebersihan, Kru Unexpected Business 3 Minta Maaf

Kompas.com - 11/11/2023, 13:00 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Staf produksi program variety tvN Unexpected Business 3 mengeluarkan pernyataan permintaan maaf pada 10 November 2023, atas dugaan "masalah sanitasi".

Sebelumnya, dalam program reality show ini, para pemeran termasuk selebritas ternama Korea, Jo In Sung, Cha Tae Hyun, Yoon Kyung Ho, Lim Joo Hwan, dan Han Hyo Joo terlihat menyiapkan kimbap untuk pelanggan di pasar/kafe pop-up.

Kontroversi muncul karena mereka mempersiapkan itu semua tanpa memakai topi sanitasi dan masker sanitasi.

Selain itu, beberapa anggota pemeran terlihat mencicipi kimbap dengan tangan bersarung tangan, sebelum kemudian menyiapkan lebih banyak gulungan dengan sarung tangan yang sama.

Baca juga: Sinopsis Unexpected Business, Variety Show Korea Terbaru, Tayang di Viu

Potongan rekaman tersebut menjadi masalah di antara beberapa penonton yang merasa bahwa para pemeran gagal menegakkan praktik sanitasi yang tepat saat melayani pelanggan yang sebenarnya.

Menanggapi hal ini, staf produksi 'Unexpected Business 3' mengeluarkan pernyataan.

"Saat mengoperasikan kafe yang menyajikan makanan dan kimbap, Unexpected Business 3 seharusnya mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga praktik sanitasi yang tepat," kata kru acara itu.

"Namun, ada beberapa adegan di mana para pemeran terlihat tidak mengenakan masker dan peralatan lain yang diperlukan untuk menjaga sanitasi, dan hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi penonton," lanjut mereka.

Dalam pernyataan itu mereka kemudian menyampaikan permintaan maaf karena tidak memperhatikan masalah sanitasi.

Baca juga: Jennie BLACKPINK, Yoo Jae Suk, Lee Jung Ha, dan Cha Tae Hyun Akan Bintangi Variety Show Apartment 404

"Dengan mengakui kesalahan ini, kami ingin menyampaikan permohonan maaf yang tulus," tulis mereka.

Mereka juga mengambil tanggung jawab penuh kesalahan tersebut dan tidak ingin para bintang yang terlibat dalam produksi ini disalahkan. 

"Selain itu, kami ingin menekankan bahwa masalah ini muncul sepenuhnya karena kurangnya perhatian dari staf produksi," kata mereka. 

Kru berjanji untuk episode selanjutnya akan lebih memperhatikan hal-hal mendasar seperti itu.

"Untuk musim 'Unexpected Business 3' kali ini, staf produksi telah berusaha keras untuk secara ketat mengikuti prosedur sanitasi dan keamanan makanan yang tidak biasa dipraktikkan di Amerika Serikat, lokasi syuting musim ini," kata mereka.

"Mungkin saja kami terlalu memperhatikan detail-detail kecil, sehingga kami gagal menangkap hal-hal yang paling mendasar," imbuh mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com