Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS Gelar Konser Amal untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 09/11/2023, 07:15 WIB
Vincentius Mario,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer Addie MS bersama grup musik LMO (Light Ministry Orchestra) siap menggelar konser A Night of Light di Gedung Usmar Ismail, Jakarta Selatan pada 19 November 2023.

Adapun konser ini melibatkan 31 anak siswa. Ada pula siswa berkebutuhan khusus yang ikut serta.

Addie MS mengatakan, konser ini sangat berbeda dengan konser orkestra yang sebelumnya dia jalani.

Baca juga: Addie MS Ajak Keluarga Manggung di Konser A Family Symphony

"Kalau konser biasanya kita hadapi musisi profesional yang kita bayar, jadi seperti ada take and give. Kita bayar tinggal kita minta mereka main seperti yang kita inginkan. Kalau ini berbeda, jauh lebih butuh kesabaran," kata Addie MS saat latihan di Grispa Studio daerah Warung Buncit, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Selain menyuguhkan konser, ensamble juga akan dipertunjukan dalam konser tersebut dengan adanya LME (Light Ministry Ensemble), yang mayoritas siswanya berkebutuhan khusus.

"Lagunya enggak banyak 12, tapi ada beberapa hal yang sifatnya kayak dialog. Penjelasan ke audience,” jelas Addie MS.

Baca juga: Lewat Konser A Family Symphony, Addie MS Kenang Perjalanan Cinta dengan Memes

“Kita juga enggak akan lihat orkestra tapi juga ensambel. Di orkestra ada 3 siswa yang berkebutuhan khusus, di ensemble ada 8. Jadi ada LMO dan LME," lanjut Addie.

Konser ini merupakan wadah bagi anak berkebutuhan khusus untuk menunjukkan bakatnya serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian sosial bagi sesama.

“Saya senang sekali, LMO bisa menjadi wadah bagi teman-teman berkebutuhan khusus maupun yang reguler typikal, untuk bisa bermain musik dan menunjukkan talentanya,” tutur Edmund Lucious Oey, salah satu inisiator LMO.

“Ini justru diajarkan untuk bersyukur dan menaruh empati. Yang disabilitas juga dibantu untuk menunjukkan kemampuannya, bahwa mereka juga bisa," tambah Addie MS.

Sebagai informasi, semua hasil penjualan konser ini akan didonasikan kepada institusi sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com