Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu "Dengarkan Pintaku" Dituding Jiplakan, Budi Doremi Buka Suara

Kompas.com - 18/10/2023, 18:36 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lagu "Dengarkan Pintaku" ciptaan Budi Doremi yang dinyanyikan Caitlin Halderman dirilis pada 13 Oktober 2023 lalu.

Namun, lagu tersebut langsung menuai kontroversi karena dituding menjiplak karya musisi asal Samarinda, Kalimantan Timur.

Beberapa warganet mengunggah cuplikan video bagian refrain yang disebut mengandung kesamaan dari lirik, nada dan musik dalam dua lagu tersebut.

Menanggapi tudingan tersebut, Budi Doremi sebagai pencipta lagu angkat bicara lewat unggahan di Instagram.

Baca juga: Budi Doremi Pernah Minta Swafoto demi Senangkan Hati Fans

Budi Doremi menulis surat terbuka, menantang pihak yang merasa memiliki lagu tersebut untuk memberikan bukti dalam waktu 1x24 jam.

Kegaduhan tersebut telah menimbulkan sejumlah permasalahan yang sangat mengganggu, terutama bagi saya sebagai pemilik dan pencipta lagu tersebut," tulis Budi Doremi dikutip dari akun @budid0remi, Rabu (18/10/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Budi Doremi Official (@budid0remi)

"Bagi pihak lain yang mengklaim memiliki dan merasa berhak atas lagu tersebut, saya terbuka untuk menerima informasi dan BUKTI dalam tenggat waktu 1 x 24 (satu kali dua puluh empat) jam sejak Surat Terbuka ini saya sampaikan,” lanjutnya.

Budi Doremi menyatakan siap mengambil langkah hukum apabila tudingan tersebut ternyata lahir berdasarkan klaim tanpa bukti yang sah.

Baca juga: Jadi Juri Gimme The Mic, Budi Doremi dan Rizky Febian Utamakan Attitude Penyanyi

"Setelah tenggat waktu tersebut, apabila ada klaim tanpa disertai bukti yang sah atau apalagi mempublikasikan lagu ini (sebelum tanggal rilis lagu Caitlin) tanpa izin saya, saya tidak akan segan untuk mengambil langkah hukum," tegas Budi Doremi.

Kompas.com sudah berusaha menghubungi Budi Doremi untuk meminta klarifikasi, tetapi sampai saat berita ini belum ada respons.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com