Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Larangan dari Keluarga, T’Koes Sepakat Tak Bawakan Lagu Koes Plus Lagi

Kompas.com - 26/09/2023, 20:06 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - T’Koes melalui manajernya, Watie, merespons mengenai pelarangan menyanyikan lagu oleh keluarga Koes Plus.

Watie mengatakan bahwa saat pelarangan itu terjadi, pihak T’Koes langsung menghubungi keluarga Koes Plus.

“Sebenarnya sudah ada upaya (menghubungi). Jadi ketika kami dapat video pelarangan itu, kami langsung merespons karena kami dapatnya jam 10 malam. Makanya pagi-pagi kami call,” kata Watie selaku manajer T’Koes dalam jumpa pers di daerah Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Dugaan T’Koes soal Penyebab Dilarang Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

Namun, T’Koes tak mendapat respons dari keluarga Koes Plus.

“Saat itu juga kami menyatakan bahwa kita menerima pelarangan itu,” ujar Watie.

“Kita ingin ini disampaikan untuk terbuka mereka datang gitu. Kita juga mengundang Mas Damon, tapi Mas Rico bilang dia enggak bisa hadir,” tambah Watie.

Sampai akhirnya T’Koes menegaskan mereka tak akan lagi membawakan lagu-lagu karya Koes Plus.

“Kami menerima larangan itu dan berjanji tidak akan membawakan lagu-lagu Koes Plus. Lalu ada show kami tanggal 23 di Pekanbaru, kami tidak membawakan lagu Koes Plus,” tutur Watie.

Baca juga: Duduk Perkara Pelarangan Band TKoes Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

Lebih lanjut, dari persoalan yang tengah ramai diperbincangkan, T’Koes juga menegaskan mereka patuh membayar royalti terhadap lagu-lagu Koes Plus.

“T’Koes terus belajar agar bisa menghibur. Kami membawakan lagu yang bukan hanya karya Koes Plus, tapi ada lagu-lagu dari band lain akan, tetapi T’Koes telah menjalani pembayaran royalti yang seusai sengan aturan,” ucap Agusta Marzall.

Sebelumnya pelarangan tersebut disampaikan langsung oleh anak-anak dari personel Koes Plus yang diwakili oleh David Koeswoyo dari Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo dari Tony Koeswoyo, Rico dari Murry, dan Sari Koeswoyo dari Yok Koeswoyo.

Baca juga: Pemicu Band T’Koes Dilarang Bawakan Lagu Koes Plus, Singgung Obrolan Purnawirawan yang Rendahkan Keluarga

“Menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini keluarga besar Koesplus melarang dan tidak memberikan izin kepada band TKoes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus,” ucap Sari Koeswoyo seperti dikutip dari unggahan akun TikTok Damon Koeswoyo baru-baru ini.

Sari Koeswoyo menjelaskan bahwa keputusan melarang T'Koes untuk tak lagi membawakan karya-karya Koes Plus bukan karena perkara uang atau royalti.

Sari menegaskan keputusan itu diambil murni karena persoalan etika yang sudah berulang kali terjadi.

"Ini bukan perkara uang atau royalti ya. Ini masalah yang berulang terkait attitude. Dan kesabaran kami sudah habis," kata Sari dalam sebuah komentar di Instagram David Koeswoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com