Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tahun Idap Kanker Ginjal, Vidi Aldiano: Gue Enggak Boleh Cupu

Kompas.com - 19/09/2023, 15:53 WIB
Sania Mashabi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Vidi Aldiano mengaku akan terus berjuang melawan penyakit kanker ginjal yang ia idap selama kurang lebih tiga tahun terakhir.

Menurut Vidi, ia akan terus menjalani hidupnya dengan baik meski ada penyakit yang tengah menggerogotinya.

"Selama gue masih diberikan kekuatan untuk melawan penyakit ini, gue enggak boleh cupu. Gue harus bisa living my life," tulis Vidi di akun Instagram resminya yang dikutip Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Baca juga: Kanker Ginjalnya Menyebar, Vidi Aldiano: Saya Belajar Berdamai dengan Keadaan

Vidi berharap, ia bisa terus berkarya dan menghibur banyak penggemarnya walaupun penyakit kanker ginjal yang ia idap sudah menyebar ke bagian tubuh lain.

Di tengah proses melawan penyakitnya, Vidi dalam beberapa waktu mendatang, juga berencana tetap merilis lagu terbarunya.

"#VidiComeback2023 sudah ada di depan mata. Gue harus sehat dan kuat, supaya bisa bikin kalian bangga sama karya terbaru gue! Love you all," ucap Vidi Aldiano.

Sebagai informasi, akhir Desember 2019, Vidi Aldiano menjalani operasi pengangkatan kanker di Singapura setelah didiagnosis mengidap kanker ginjal.

Baca juga: Kanker Ginjal Vidi Aldiano Sudah Menyebar ke Bagian Tubuh Lain

Vidi diperbolehkan pulang ke Indonesia pada awal Januari 2020.

Awal mula diketahui mengidap kanker karena Vidi ingin mengecek kondisi suaranya yang hilang.

Namun, dari pemeriksaan itu Vidi diketahui memiliki tekanan darah tinggi.

Vidi merasa heran karena dia dan keluarga tak memiliki riwayat hipertensi. Setelah cek untuk kali kedua, Vidi merasa ada yang tidak beres dengan tubuhnya.

Lalu, Vidi langsung melakukan tes kesehatan dengan tambahan tes USG di Singapura. Tak disangka, hasil dari pemeriksaan USG itu menunjukan adanya benjolan pada ginjalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com