Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Pelawak Sombong dan Ingin Lucu Sendiri, Sule Minta Sesama Komedian Jangan Saling Menjatuhkan

Kompas.com - 05/09/2023, 13:36 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Pelawak Entis Sutisna atau Sule meminta kepada seluruh komedian untuk saling menghargai dan tidak saling menjatuhkan.

Sule berbicara demikian untuk merespons anggapan yang belakangan ramai di media sosial soal pelawak senior sombong dan ingin lucu sendiri.

Sule menceritakan, pengalamannya selama menjadi pelawak malah pernah lebih menyakitkan, tetapi dirinya memilih untuk berusaha mengambil sisi baiknya.

Baca juga: Ramai soal Pelawak Sombong dan Ingin Lucu Sendiri di Opera Van Java, Sule: Saya Mewakili Pemain OVJ Minta Maaf Sebesar-besarnya

“Kalau misalkan bilang Cuma pengin lucu sendiri, saya mah guys pengalaman saya, ya, sampai digigit, diinjak punggungnya, digampar, apakah saya pernah menceritakan sesuatu hal itu? Tidak perlu, itu pengalaman pribadi, sakit kami sendiri tidak apa-apa, jadikanlah pemecut buat kita,” tutur Sule seperti dikutip dari kanal YouTube SL Media, Selasa (5/9/2023).

Sule melihat setiap perjalanan karier memiliki dinamikanya sendiri. Sehingga penting untuk menghargai perjalanan tersebut ketimbang memaknainya secara negatif.

Oleh sebab itu, Sule meminta antar pelawak untuk tidak saling menjelekan karena tidak akan memberi manfaat apa pun.

Baca juga: Sule Klarifikasi Anggapan Pelawak Senior OVJ Ingin Lucu Sendiri

“Jangan sampai kita, jangan sampai kita keluarkan kejelekan orang lain, karena yang harus diingat adalah membukakan aib orang lain itu sama saja dengan memakan bangkainya sendiri,” ucap Sule.

Sule berpesan, sebaiknya seluruh pelawak di Indonesia, baik itu komika, grup lawak, dan pelawak konvensional harus saling mendukung agar terciptanya ekosistem komedi yang sehat.

“Ayolah, kita sama-sama, tidak ada senior junior, kita bangun perkomedian ini, jangan sampai ada rasa iri dengki dengan sesama, kita harus saling mendukung ya,” ucap Sule.

Baca juga: Ramai soal Pelawak Sombong, Sule: Saya Juga Ikut Kesindir

Mendengar pernyataan Sule, Denny Cagur yang berada di sebelahnya turut sependapat.

Denny Cagur yang sempat dituding sebagai sosok pelawak sombong menyebut tak akan ada habisnya jika membahas perbedaan yang ada.

Yang terpenting, kata Denny Cagur, saling menghormati adalah kunci.

“Iya setuju, sudahlah, ini sudah pernah ramai, entar dibahas lagi, dibuka lagi, enggak selesai-selesai, sudah tutup buku, saling respect intinya itu aja sih,” sahut Denny Cagur.

Baca juga: Heboh soal Senioritas Pelawak, Sule: Enggak Ada

Diketahui, sebelumnya anggapan pelawak senior sombong dan ingin lucu sendiri muncul setelah Ronal Surapradja dan Uus melontarkan pengalamannya selama bermain di OVJ melalui salah satu acara podcast.

Ronal Surapradja sempat menyentil soal lawakannya yang tak digubris sehingga menjadi tidak lucu saat menjadi pelawak tamu di salah satu episode OVJ.

Sementara, Uus menyinggung soal sosok pelawak senior sombong saat dirinya menjadi salah satu pengisi acara lawak OVJ yang disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta.

Baca juga: Respons Nathalie Holscher Saat Tahu Niat Kembalikan Mobil Ditolak Sule

Pernyataan Uus dan Ronal Surapradja akhirnya berkembang di kalangan warganet, sampai akhirnya warganet menduga-duga sosok yang dimaksud.

Denny Cagur juga sempat dituding warganet yang menyebut dirinya adalah sosok di balik pelawak senior sombong.

Denny Cagur sendiri sudah membantah dan mengaku sudah memahami siapa sosok yang dimaksud Uus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com