Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mediasi Gagal, Shinta Bachir dan Indra Kristianto Sepakat Bercerai

Kompas.com - 08/08/2023, 16:50 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang cerai Shinta Bachir dan Indra Kristianto kembali digelar di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Timur pada Selasa (8/8/2023).

Sidang hari ini beragendakan mediasi terakhir tanpa kehadiran Indra Kristianto yang diwakilkan oleh kuasa hukumnya, Syarifuddin Nasution. Hasilnya, Shinta dan Indra sepakat untuk bercerai.

“Mediasi gagal artinya tidak terjadi perdamaian artinya perkara dilanjutkan pada 22 Agustus langsung ke persidangan, langsung ke pokok perkara,” kata Syarifuddin di PA Jakarta Timur, Kelapa Dua, Jakarta Timur, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Sidang Cerai Shinta Bachir Digelar Tanpa Kehadiran Indra Kristianto

“Pada akhirnya Shinta dan Indra memutuskan untuk selesai atau bercerai,” lanjut Syarifuddin.

Kata Syariduddin, Indra maupun Shinta sudah menandatangani surat kesepakatan untuk bercerai. Surat tersebut nantinya yang akan jadi bukti di persidangan.

Syarifuddin mengatakan, Indra dan Shinta sempat ingin rujuk. Namun, ternyata kesepakatan rujuk tersebut tidak terealisasikan hingga akhirnya mereka sepakat berpisah.

Baca juga: Sidang Cerai Shinta Bachir dan Indra Kristianto Kembali Digelar Hari Ini

“Sudah dilakukan oleh Indra (upaya damai). Indra juga pengin berdamai, bahkan mbak Shinta juga mengakui sempat ingin rujuk, ingin cabut gugatan. Tapi mbak Shinta menganggap Indra tidak berubah perilakunya, fix mereka buat kesepakatan,” ucap Syarifuddin.

“Ini tidak diketahui sama saya dan bang Sunan selaku kuasa hukum dari pihak penggugat. Mereka buat kesepakatan untuk bercerai baik-baik,” lanjut Syarifuddin.

Sementara, Shinta Bachir mengakui bahwa ia sempat ingin rujuk dengan suaminya. Namun, ada sikap dari suaminya, Indra, yang membuat traumanya muncul kembali.

Baca juga: Tekad Bulat Shinta Bachir untuk Bercerai Setelah 4 Bulan Menikah

Meski demikian, Shinta tak membeberkan lebih lanjut mengenai sikap apa yang belum berubah dari Indra.

“Oh enggak ada (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), suami saya enggak ada KDRT terus ada yang bilang saya enggak dinafkahi, itu saya dinafkahi,” ucap Shinta.

“Tapi (yang membuat sepakat pisah karena) ada hal-hal prinsip yang memang sudah saya bicarakan baik-baik sama Mas Indra, tapi tidak ketemu jalannya dan ya memang kita harus berpisah,” tutur Shinta.

Baca juga: Shinta Bachir Tegaskan Sudah Pisah Rumah dengan Indra Kristianto

Sebagai informasi, Shinta Bachir dan Indra Kristianto menikah pada 12 Maret 2023 di TMII, Jakarta Timur.

Adapun Indra Kristianto memberikan maskawin 10 gram logam mulia dan uang tunai Rp 1.232.023 sebagai maskawin. Rumah tangga mereka hanya bertahan empat bulan sampai akhirnya Shinta menggugat cerai Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com