Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drummer Iron Maiden Nicko McBrain Terkena Stroke, Tubuh Sisi Kanannya Lumpuh

Kompas.com - 04/08/2023, 13:32 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Drummer Iron Maiden Nicko McBrain terserang stroke awal tahun ini, yang membuat tubuh sisi kanannya lumpuh.

Kondisi ini membuat Nicko McBrain khawatir akan kariernya.

McBrain menderita TIA (Transient ischaemic attack) atau umumnya dikenal sebagai stroke ringan pada bulan Januari 2023.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Back in the Village dari Iron Maiden

Nicko McBrain alami lumpuh di sisi kanan tubuh dari bagian bahu ke bawah.

“Tentu saja saya sangat khawatir karier saya akan berakhir tetapi dengan cinta dan dukungan dari istri saya, Rebecca dan keluarga, dokter saya, terutama Julie [terapis okupasi] saya, dan keluarga Iron Maiden saya, saya dapat bangkit kembali ke suatu tempat. hampir 70 persen pulih,” kata Nicko McBrain kepada penggemar melalui pesan video seperti dilansir NME, Jumat (4/8/2023).

Setelah 10 minggu menjalani terapi secara intensif, McBrain mulai mencoba latihan pada Mei 2023 bersama anggota Iron Maiden lainnya menjelang tur konser The Future Past mereka baru-baru ini.

Baca juga: Iron Maiden Sukses Buat Ari Lasso Jatuh Cinta pada Musik Metal, Ini Alasannya

McBrain mengatakan dia ingin fokus untuk tampil sebelum menyampaikan berita tentang kesehatannya kepada penggemar.

“Saya merasa penting untuk memberi tahu kalian tentang hal ini sekarang daripada sebelumnya karena saya terutama memikirkan bagaimana melakukan pekerjaan saya dan berkonsentrasi untuk kembali ke kebugaran 100 persen,” kata Nicko McBrain.

“Saya belum sampai di sana tetapi dengan rahmat Tuhan saya menjadi lebih baik dan lebih kuat seiring berjalannya waktu. Terima kasih semua untuk tur yang paling indah dan ajaib sejauh ini, kalian semua sangat luar biasa,” tambah Nicko McBrain.

Baca juga: Iron Maiden Umumkan Album Live Nights of the Dead

Manajer Iron Maiden, Rod Smallwood, juga membagikan pernyataan ihwal kondisi Nicko McBrain.

Menurut Rod, Nicko McBrain punya kemauan yang tinggi untuk tetap bisa bermusik dengan berusaha semaksimal mungkin agar pemulihannya berjalan cepat.

“Anggota band lainnya dan saya pikir apa yang telah dicapai Nicko sejak stroke menunjukkan keyakinan dan kemauan yang luar biasa dan kami semua sangat bangga padanya. Dengan set baru dan musik yang sangat kompleks untuk dipelajari di depannya, dia hanya menundukkan kepala dan berkonsentrasi pada pemulihan,” kata Rod Smallwood.

Baca juga: Iron Maiden Rilis Ulang Album Debut Tandai 40 Tahun Berkarier

Meski Nicko McBrain sudah mulai berlatih kembali, Rod Smallwood belum bisa memastikan apakah kondisi fisiknya sudah mendukung untuk mengikuti pertunjukan sampai akhir.

“Sejujurnya kami tidak tahu apakah dia akan dapat memainkan seluruh pertunjukan sampai latihan band dimulai pada bulan Mei dan ada begitu banyak dukungan untuknya dari band dan kemudian kelegaan yang tulus untuk semua ketika kami melihat dia akan dapat melakukannya,” ucap Rod Smallwood.

Sebelumnya, pada akhir 2022, Nicko McBrain juga mengungkapkan bahwa dia menderita kanker laring pada tahun 2020.

Baca juga: Produser Iron Maiden dan Deep Purple Martin Birch Meninggal Dunia

Kanker laring adalah tumor yang berasal dari laring atau kotak suara. Mutasi yang merusak sel-sel di laring kebanyakan disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Nicko McBrain juga menyarankan penggemar untuk pergi ke dokter jika mereka mengamati perubahan suara yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya seperti yang ia alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com