Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Robert Oppenheimer Mengkritik Adegan Apel Beracun dalam Film Oppenheimer

Kompas.com - 28/07/2023, 18:16 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber TIME


KOMPAS.com - Cucu ilmuwan J. Robert Oppenheimer, Charles, mengungkap bagian yang paling tidak disukainya dalam film biografi Oppenheimer garapan sutradara Christopher Nolan.

Charles yang merupakan cucu kandung ilmuwan yang dijuluki Bapak Bom Atom itu menyebut adegan yang paling tak disukainya adalah saat menampilkan apel beracun.

Pada suatu adegan, J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy) terlihat menyuntikkan apel yang ditujukan untuk profesornya dengan racun, sebelum berubah pikiran dan membuangnya.

Baca juga: Desainer Kostum Oppenheimer Sulit Cari Topi yang Sesuai Permintaan Christopher Nolan

Christopher Nolan diketahui banyak mengambil kisah dalam film Oppenheimer dari buku biografi American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer rilisan tahun 2005.

Buku tersebut ditulis Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang menceritakan perjalanan hidup fisikawan teoretis J. Robert Oppenheimer yang menjadi sumber inspirasi film Oppenheimer.

Charles menyebutkan adegan tersebut menunjukan bahwa Oppenheimer bisa jadi adalah seorang pembunuh, tetapi mengakui bahwa hal itu tidak pasti dan tidak ada catatan sejarah tentang hal itu terjadi.

“Ketika saya berbicara dengan Christopher Nolan, pada satu titik dia mengatakan sesuatu yang kasar seperti, 'Saya tahu bagaimana menceritakan sebuah cerita dari subjek ini. Akan ada bagian yang harus didramatisir sedikit dan ada bagian yang diubah. Sebagai anggota keluarga, saya pikir Anda akan menyukai beberapa bagian dan tidak menyukai beberapa bagian,” ucap Charles Oppenheimer mengingat perkataan Christopher Nolan kepadanya dalam wawancara dengan TIME, dikutip Jumat (28/7/2023).

Baca juga: Paul McCarteny Nonton Film Oppenheimer Bareng Steven Spielberg

Charles tak menampik cara yang dilakukan Nolan bisa membuat sejarah tentang Robert Oppenheimer bisa lebih dicerna dalam film, meskipun beberapa faktanya bisa saja tak sesuai.

“Itu mungkin membuat saya menerima film tersebut, meskipun saya menontonnya sangat terlambat, tepat ketika film itu keluar. Sebagai representasi sejarah yang didramatisasi, itu sebagian besar akurat. Ada bagian yang saya tidak setuju, tapi bukan karena Nolan,” ucap Charles.

Charles melanjutkan, rujukan informasi saat memutuskan membuat adegan apel beracun adalah hal yang tak bisa ia terima begitu saja.

Faktanya, kata Charles, penulis bukunya saja sejauh ini belum bisa memastikan apakah benar J. Robert Oppenheimer melakukan hal demikian.

“Bagian yang paling tidak saya suka adalah referensi apel beracun ini, yang menjadi masalah di American Prometheus. Jika Anda membaca American Prometheus dengan cukup hati-hati, penulisnya berkata, 'Kami tidak benar-benar tahu apakah itu terjadi.' Tidak ada catatan dia mencoba membunuh seseorang. Itu tuduhan yang sangat serius dan ini adalah revisi sejarah. Tidak ada satu pun musuh atau teman Robert Oppenheimer yang mendengar hal itu selama hidupnya dan menganggapnya benar,” tutur Charles.

Baca juga: Bermain di Film Oppenheimer, Robert Downey Jr Belum Pernah Lihat Pengorbanan Seorang Aktor Sebesar Cillian Murphy

Sedangkan, kata Charles, penulis buku American Prometheus belum mendapatkan sumber yang memastikan kebenarannya, semestinya Christopher Nolan juga tak menjadikannya sebagai sebuah rujukan dalam membuat film yang didasari peristiwa sejarah.

“American Prometheus mendapatkannya dari beberapa referensi yang berbicara tentang perjalanan liburan musim semi, dan semua reporter asli dari cerita itu - hanya ada dua atau tiga - melaporkan bahwa mereka tidak tahu apa yang dibicarakan Robert Oppenheimer. Sayangnya, American Prometheus menyimpulkan bahwa Robert Oppenheimer mencoba membunuh gurunya dan kemudian mereka [mengakui bahwa] mungkin ada keraguan ini,” kata Charles.

Adapun, film Oppenheimer garapan sutradara Christopher Nolan tayang di bioskop Indonesia pada 19 Juli 2023.

Film Oppenheimer berkisah tentang seorang fisikawan Amerika Serikat bernama J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy) yang mengembangkan bom atom.

Baca juga: Christopher Nolan Setuju Oppenheimer Semacam Film Horor

J. Robert Oppenheimer dikisahkan tengah mengerjakan Proyek Manhattan dan mengarahkannya pada penciptaan bom atom.

Namun, akhirnya bom atom buatannya digunakan untuk serangan bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki yang menimbulkan banyak kematian atas populasi penduduk di tempat tersebut, J. Robert Oppenheimer pun dihantui penyesalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com