Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Paul Fauzan Agusta Libatkan Aktor Lokal Minang dalam Film Onde Mande!

Kompas.com - 25/06/2023, 21:14 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Onde Mande!, film terbaru produksi Visinema yang bekerja sama dengan Gandrvng Film dan Visionari Capital, tayang di bioskop sejak Kamis (22/6/2023).

Dari judulnya, film ini berlatar budaya Minang yang sangat kental mulai dari bahasa yang digunakan hingga budaya.

Aktris Shenina Cinnamon kembali beradu akting dengan Emir Mahira dalam film yang disutradarai oleh Paul Fauzan Agusta tersebut.

Selain Shenina dan Emir, film ini juga melibatkan deretan pemain dan kru yang juga berdarah Minang.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Onde Mande!, Film Berlatar Minang yang Tayang Hari Ini

"Satu hal yang spesial di Onde Mande! ini adalah aku ingin highlight aktor-aktor lokal. Karena banyak sekali yang bagus," ujar Paul Fauzan Agusta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (25/6/2023).

Paul Fauzan Agusta mengaku puas dengan akting aktor lokal yang mendukung unsur budaya Minang dalam film tersebut.

"Film ini sangat terbantu dan tidak mungkin terjadi tanpa akting dari aktor-aktor lokal dari Sumatera Barat, seperti Pak Yusril Katil sebagai Haji Ilyas, Mak Katik (Musra Dahrizal) yang jadi Angku Wan, Rivansza Alfath sebagai Afdhal," ujar Paul.

"Mereka sangat memperkuat otentisitas film ini dengan keberadaan mereka dan saya berterima kasih dan berutang budi banget dengan aktor-aktor lokal," lanjutnya.

Baca juga: Film Onde Mande! Tayang Hari Ini di Bioskop, Berikut Sinopsisnya

Sebagai aktor keturunan Minang, Ajil Ditto yang memainkan peran Hadi bersyukur lantaran Paul Fauzan memberikan waktu baginya untuk mempelajari bahasa Minang sebelum mulai proses syuting.

"Jadi sebelum syuting, kita dikasih keleluasaan untik belajar bahasa Minang. Selama ini gue paham, tapi enggak bisa menggunakannya. Pengucapannya itu benar-benar diatur, diberesin baru kami syuting," tutur Ajil saat hadir di program "Hype Talk" Kompas.com, belum lama ini.

Selain Shenina Cinnamon, Ajil Ditto dan Emir Mahira, film Onde Mande! juga dibintangi oleh Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Shahabi Sakri dan Musra Dahrizal.

Onde Mande! mengisahkan Angku Wan (Musra Dahrizal), seorang pensiunan guru yang hidup di sebuah desa nelayan di tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat.

Baca juga: Cerita Menarik Emir Mahira, Jajang C Noer, dan Ajil Ditto di Balik Film Onde Mande!

Dia memenangkan hadiah undian dari sebuah perusahaan sabun.

Hadiah bernilai miliaran rupiah tersebut akan ia gunakan untuk tujuan yang mulia, yaitu membangun desa demi kesejahteraan bersama.

Namun sebelum mengeklaim hadiah besarnya, Angku Wan meninggal dunia.

Sepeninggalan Angku Wan, warga desa: Ni Ta (Jajang C Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), Si Mar (Shenina Cinnamon) dan pemimpin desa menyusun rencana besar.

Mereka berusaha meyakinkan perusahaan sabun bahwa Angku Wan masih hidup demi menuntut hadiah dan mewujudkan pesan terakhirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com