Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Musik Indonesia dan Malaysia Teken MoU, Atur Penyelesaian Masalah Sekaligus Pengembangan Karier

Kompas.com - 02/06/2023, 21:23 WIB
Tri Susanto Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) menjalin kerja sama atau (MoU Signing) dengan Malaysian Artistes Association (KARYAWAN), yang merupakan sebuah asosiasi artis musik Malaysia.

Kesepakatan tersebut meliputi mekanisme pengumpulan informasi berdasarkan fakta yang independen di masing-masing negara.

Ketua Umum FESMI Candra Darusman mengatakan, jika suatu waktu artis dalam negeri mengalami masalah saat bekerja di Malaysia ataupun sebaliknya maka MoU tersebut menjadi solusi atas masalah yang terjadi.

Baca juga: Ed Sheeran Kecam Saksi Ahli dalam Sidang Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu Thinking Out Loud

Poin kerja sama lain, lanjut Candra, adalah tentang bagaimana kedua organisasi dapat saling bekerja sama untuk memfasilitasi pengembangan karir artis masing-masing di negeri mitra sesuai fungsi, kemampuan, dan koneksi masing-masing organisasi, jika suatu waktu dibutuhkan.

“Kegiatan ini merupakan peletakan batu pertama guna merintis kerja sama agar artis asal negara masing-masing dapat nyaman berpentas di negara satunya," ujar Candra dalam keterangan tertulis, Jumat (2/6/2023).

Baca juga: Harapan Armand Maulana di Hari Musik Nasional, Penegakan Hukum Hak Cipta Lagu Lebih Digencarkan

Adapun penandatangan kesepakatan kerja sama (MoU Signing) dihadiri oleh Candra Darusman (Ketua Umum FESMI), Datuk Freddie Fernandez (President KARYAWAN), dan pengurus inti kedua organisasi.

Acara juga dihadiri oleh perwakilan organisasi terkait di industri musik tanah air seperti PAPPRI (Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia), IMARINDO (Ikatan Manager Artis Indonesia), FORUM BACKSTAGERS INDONESIA, dan APMI (Asosiasi Promotor Musik Indonesia).

Baca juga: Terbukti Melanggar Hak Cipta Lagi Syantik, Gen Halilintar Didenda Rp 300 Juta

"Kita sama-sama lihat bagaimana artist dari kedua negara dikenal oleh masing-masing penikmat musiknya. Kami harap awal yang baik ini akan berujung kepada lebih banyak keberhasilan di masa depan," ujar Datuk Freddie Fernandez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com