Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Tahu Ahmad Dhani Mencontek Saat Tulis Lirik Lagu Andai Aku Bisa, Bebi Romeo: Dhan, Lo Nyontek?

Kompas.com - 02/06/2023, 10:55 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Masih ingat dengan lagu "Andai Aku Bisa" yang dinyanyikan mendiang Chrisye hampir lebih dari dua dekade lalu?

Lagu tersebut merupakan ciptaan Bebi Romeo dengan lirik yang ditulis Ahmad Dhani.

Sering disebut mirip dengan lirik lagu milik James Ingram, "I Don't Have The Heart", Bebi akhirnya mengungkap cerita di balik lirik lagu "Andai Aku Bisa" yang ditulis Ahmad Dhani.

"Dhan, gue ada lagu buat Chrisye, udah jadi lagunya, lo liriknya, gue susah bikin lirik," kenang Bebi saat itu dikutip dari YouTube Sophie Navita Tv.

Baca juga: Hampir Jadikan Once Vokalis Romeo, Bebi Ungkap Respons Awal Ahmad Dhani

Saat itu Ahmad Dhani menyanggupi termasuk memenuhi batas waktu yang diminta Bebi, yaitu dua hari.

Hanya dalam dua hari lirik lagu itu selesai hingga membuat Bebi takjub. Bebi semakin takjub ketika mendengarkan lagu tersebut secara utuh. 

"Ba****t juga nih anak, jago bikin lirik. Emang terbukti Dewa, Dhani liriknya jago, 'Dhan keren,'" ujar Bebi saat itu memuji Dhani.

Setelah proses rekaman selesai dan dirilis, lagu tersebut mendapat ulasan tentang kemiripan lirik lagu Bebi dengan milik James Ingram.

Dari situ Bebi baru berpikir dan mulai menyadari, ternyata Ahmad Dhani mengambil lirik dari lagu milik James Ingram.

Baca juga: Ungkap Sisi Lain Ahmad Dhani, Bebi Romeo: Ini Orang Paling Jujur

"Banyak dibahas, 'I don't have a heart', gue mikir, oh mo***t ini anak," ujar Bebi diiringi tawa.

"Baru marah-marah gue udah rilis, Dhan lo nyontek? 'Lah lo mintanya dua hari katanya,'" sambung Bebi menirukan jawaban Dhani saat itu.

Ahmad Dhani kemudian memberikan penjelasan yang membuat Bebi akhirnya hanya bisa pasrah, mengingat lagu tersebut menjadi luar biasa berkat lirik dari Ahmad Dhani.

"Udah bagus Beb, enggak ada loh musisi kayak gue, nyontek tapi enak," kata Bebi menirukan perkataan Dhani.

"'Coba suruh komposer lain, ambil lirik dari manapun masukin ke lagunya, cuma gue yang jago.' Ya udah, terserah lo deh, gue bilang gitu," lanjutnya.

Sejak saat itu Bebi tak begitu memikirkan ketika banyak orang akhirnya menyebut lagu "Andai Aku Bisa" mirip dengan lagu "I Don't Have a Heart".

"Meskipun dibilang James Ingram segala macam, asal klop sama musiknya, penyanyi juga enak, Chrisye yang bawain, fine-fine aja," kata Bebi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com