Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SM Entertainment Klaim Ada Pihak Luar yang Tawarkan Keuntungan pada EXO CBX

Kompas.com - 01/06/2023, 14:23 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agensi SM Entertainment menanggapi member EXO yaitu Baekhyun, Xiumin, dan Chen (CBX) untuk mengakhiri kontrak dengan mereka.

SM Entertainment mengklaim ada pihak luar yang mendekati ketiga idol tersebut.

"Selama masa penting ini ketika kami menyalurkan upaya kami ke fase baru SM Entertainment, kami telah mengonfirmasi kehadiran kekuatan luar yang mendekati artis agensi kami, memberi mereka informasi palsu, dokumen pengadilan palsu, dan penawaran tidak rasional," ungkap SM Entertainment, Kamis (1/6/2023).

"Seperti meyakinkan mereka bahwa tidak akan ada akibat hukum jika artis memilih untuk menandatangani kontrak dengan agensi lain sementara masih terikat dengan SM Entertainment," imbuh SM Entertainment.

Baca juga: Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO Putus Kontrak dengan SM Entertainment

Kemudian SM Entertainment menyebut kekuatan pihak luar ini menggunakan rumor yang tidak berdasar, pencemaran nama baik dan fitnah, dan kata-kata manis untuk memaksa artis mereka melanggar kontrak eksklusif, menandatangani banyak kontrak, dan terlibat dalam tindakan yang jelas ilegal.

Selain itu, kekuatan luar ini tidak berhenti hanya membujuk satu atau dua artis untuk melanggar kontrak mereka.

Pihak luar ini menggunakan artis yang telah mereka hubungi untuk menyadap lebih banyak lagi artis SM Entertainment.

SM Entertainment mengaku tidak akan berpangku tangan.

"Kami akan mengejar semua kemungkinan tindakan hukum. Jika kami tidak bertindak sekarang, aktivitas tirani dari kekuatan luar ini akan secara signifikan merusak merek dan citra artis kami, dan menimbulkan pengaruh negatif pada masa depan artis kami yang cerah," tutur SM Entertainment lagi.

Sebelumnya pada Kamis pagi, Baekhyun, Xiumin, dan Chen mengajukan pemutusan kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment.

Perwakilan hukum mereka mengklaim bahwa SM Entertainment menolak untuk memberikan catatan pendapatan dan pembayaran artis yang jelas dan transparan kepada artisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com