Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Harmonature di Bulgaria Hadirkan Sandhy Sondoro dan Erwin Gutawa

Kompas.com - 26/05/2023, 21:30 WIB
Revi C. Rantung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, memperkenalkan konser bertajuk Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara.

Konser ini akan digelar pada 8 Juni 2023 mendatang di Ancient Theater Plovdiv, Sofia, Bulgaria.

Konser ini sendiri menjadi sebuah perayaan persahabatan dan kekayaan warisan budaya Indonesia dan Bulgaria.

Harmonature adalah harmonisasi keeratan hubungan alam dengan musik, menawarkan perpaduan yang memukau antara musik tradisional dan kontemporer Indonesia.

Konser ini akan menampilkan Erwin Gutawa, Sandhy Sondoro, Woro Mustiko hingga Petya Paneva, penyanyi asal Bulgaria sekaligus pemenang The Voice of Bulgaria 2021.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Jumat (26/5/2023), tema konser ini dipilih untuk menjalankan fokus program Pemerintah RI dalam mempromosikan Nusantara, sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional.

Duta Besar RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta, mengatakan bahwa pentingnya peran duta besar dan KBRI sebagai perpanjangan tangan Pemerintah RI dalam memperkenalkan Nusantara dan menarik investor asing.

Harmonature diharapkan dapat mendorong pertukaran budaya dan mempererat ikatan antara Indonesia dan Bulgaria.

Untuk persiapan konser ini membutuhkan waktu yang cukup panjang yakni hampir setahun.

Adapun Harmonature mempunyai tiga tujuan utama yakni untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran tentang budaya Indonesia, dan Nusantara, kepada masyarakat Bulgaria.

Sekaligus sebaliknya, memperkenalkan dan mempromosikan Bulgaria, khususnya Plovdiv sebagai kota budaya, kepada masyarakat Indonesia.

Kedua, dengan meningkatkan people-to-people contact, konser ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman budaya antara orang Indonesia dan Bulgaria.

Hal ini akan mendorong hubungan pariwisata dan ekonomi antara kedua negara.

Terakhir, Harmonature berfungsi sebagai wadah untuk memfasilitasi pertemuan bisnis, menciptakan peluang akses pasar baik dari Indonesia maupun Bulgaria.

Sebagai informasi, konser ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com