Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2023, 12:52 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Ajang penghargaan Academy Awards ke-95 telah digelar dan usai.

Dalam salah satu malam terbesar di Hollywood ini, film Everything Everywhere All at Once menjadi yang tertinggi, memenangkan tujuh Piala Oscar, terbanyak dari semua film, termasuk film terbaik, sutradara terbaik, dan skenario asli terbaik.

Dari semua nominator, Everywhere All at Once juga yang terbanyak masuk nominasi dalam ajang Oscar 2023, yakni 11 nominasi.

Film dengan jumlah kemenangan tertinggi berikutnya adalah film All Quiet on the Western Front dengan empat kemenangan.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2023

Dalam kategori akting, bintang film Everything Everywhere All at Once Michelle Yeoh mengukir sejarah sebagai wanita Asia pertama yang memenangkan kategori aktris terbaik, sementara Brendan Fraser memenangkan aktor terbaik untuk film The Whale.

Bintang Everything Everywhere All at Once lainnya, yakni Ke Huy Quan dan Jamie Lee Curtis juga memenangkan masing-masing kategori aktor dan aktris pendukung terbaik.

Rekap momen penting dan bersejarah di Oscar 2023:

Film garapan sutradara Daniel Kwan itu berhasil mengalahkan nominasi lainnya yang tak kalah hebat, yakni All Quiet on the Western Front, Avatar: The Way of Water, The Banshees of Inisherin, Elvis, The Fabelmans, Tár, Top Gun: Maverick, Triangle of Sadness dan Women Talking.

  • Michelle Yeoh memenangkan aktris terbaik

Kemenangan Michelle Yeoh menjadi tonggak sejarah bagi para aktris Asia yang berkiprah di Hollywood.

Michelle Yeoh adalah aktris Asia pertama yang mendapatkan Oscar. Meski sempat membuat kontroversi lewat unggahan di media sosial, itu tak menghalangi kemenangan Michelle Yeoh.

  • Brendan Fraser memenangkan aktor terbaik untuk penampilannya di The Whale

Fraser tampak sangat terkejut dan emosional saat menerima trofinya, mulai dengan berterima kasih kepada sutradara film tersebut Darren Aronofsky karena memberinya "pengalaman kreatif seumur hidup yang kreatif dan membawa ke kapal bagus The Whale".

  • Rihanna membawakan "Lift Me Up"

Penyanyi peraih Grammy Award, Rihanna naik panggung untuk membawakan lagu nominasi Oscar-nya "Lift Me Up" dari film Black Panther: Wakanda Forever.

Rihanna yang dinominasikan untuk Oscar pertamanya malam ini, tampil di atas panggung dengan mengenakan pakaian berhias berlian dan membawakan pertunjukan mengharukan dengan orkestra dan backing vocal.

"Lift Me Up" ditulis oleh Tems, Rihanna, Ryan Coogler, dan Ludwig Göransson sebagai penghormatan kepada pemeran Black Panther Chadwick Boseman, yang meninggal pada Agustus 2020 setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker usus besar.

  • Penyanyi Rahul Sipligunj dan Kaala Bhairava membawakan lagu nominasi Oscar "Naatu Naatu"

Rahul Sipligunj dan Kaala Bhairava membuat penonton Oscar bangun dari tempat duduknya dengan penampilan mereka "Naatu Naatu" dari film RRR yang dinominasikan untuk lagu orisinal terbaik.

Ram Charan, yang membintangi video musik tersebut, mengatakan syuting berlangsung di Istana Mariinskyi di Kyiv, Ukraina, sebelum perang dimulai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com