Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petisi Copot Donnie Yen sebagai Presenter Piala Oscar Dapat 90.000 Tanda Tangan

Kompas.com - 10/03/2023, 22:41 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber NME

KOMPAS.com - Ribuan orang telah menandatangani petisi online untuk mencopot aktor Hong Kong Donnie Yen sebagai presenter Oscar tahun ini karena dukungannya terhadap pemerintah China.

Aktor yang menjadi lawan main Keanu Reeves dalam John Wick: Chapter 4 itu diketahui akan memberikan penghargaan di Academy Awards ke-95 yang berlangsung di Los Angeles, Minggu (12/3/2023).

Seperti dilansir BBC, petisi itu dibuat aktivis Hong Kong Tong Wai-hung, yang mengklaim keputusan itu "menunjukkan penghinaan terhadap orang-orang Hong Kong" dan bahwa kehadiran Donnie Yen akan "merusak citra dan reputasi industri film".

Baca juga: Chris Rock Tolak Tawaran Jadi Pembawa Acara Oscar 2023

Berbicara kepada GQ bulan lalu, Yen justru semakin menentang protes pro-demokrasi tahun 2019 di Hong Kong.

"Itu bukan protes, oke, itu kerusuhan," kata Donnie Yen.

“Saya tidak akan berada di sini berbicara tentang bagaimana mengubah perasaan orang tentang hal itu. Tapi pengalaman saya sendiri, seperti, saya ada di sana, saya punya banyak teman yang ada di sana,” tambah Donnie Yen.

Baca juga: Rekor-rekor di Piala Oscar Sepanjang Sejarah

Donnie Yen berdalih, sikapnya ini tak ada urusan dengan politik tetapi lebih kepada pengalaman pribadi.

“Saya tidak ingin berpolitik. Banyak orang mungkin tidak senang dengan apa yang saya katakan, tetapi saya berbicara dari pengalaman saya sendiri,” kata Donnie Yen.

Petisi tersebut menggambarkan pernyataan Yen baru-baru ini dianggap telah melunturkan semangat kebebasan berbicara dan menyangkal hak rakyat Hong Kong untuk memperjuangkan kebebasan mereka.

Baca juga: Fakta Naatu Naatu, soundtrack film Bollywood RRR yang Masuk Nominasi Oscar 2023

Sejauh ini petisi tersebut memiliki lebih dari 90.000 tanda tangan.

Adapun, Donnie Yen terkenal karena membintangi serial film Ip Man, yang dikreditkan karena berkontribusi dalam mempopulerkan seni bela diri Wing Chun, suatu bentuk kung fu Tiongkok Selatan, di Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NME
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com