Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Pembunuhan dan Mutilasi Abby Choi Disebut Bisa Bebas jika Tubuh yang Hilang Tak Ditemukan

Kompas.com - 07/03/2023, 19:02 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Tersangka pembunuhan dan mutilasi model Abby Choi disebut bisa bebas dari hukuman dan hanya dikenai denda, jika sisa tubuh Abby Choi tak ditemukan.

Untuk diketahui, polisi telah menetapkan enam tersangka dalam kasus pembunuhan dan mutilasi Abby Choi. Empat diantaranya adalah keluarga mantan suami Abby Choi.

Alex Kwong, 28 merupakan mantan suami Abby Choi, kemudian ayahnya, Kwong Kau, 65, dan saudara laki-lakinya Anthony Kwong, 31, telah ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan.

Sementara itu, ibu Alex, Jenny Li, 63, menghadapi satu dakwaan mempersulit penyelidikan.

Ayah Alex Kwong disebut sebagai dalang dari kasus pembunuhan dan mutilasi mantan menantunya itu. 

Baca juga: Terungkap Cara Polisi Hong Kong Pecahkan Teka- teki Pembunuhan dan Mutilasi Abby Choi

Kwong Kau diketahui merupakan Kwong Kau adalah mantan Sersan Polisi yang dianugerahi Medali Layanan Panjang Polisi Hong Kong pada tahun 2001.

Dia mengundurkan diri pada tahun 2005 setelah diduga terlibat dalam kasus pemerkosaan. Karena itu, besar dugaan bahwa Kwong tahu persis cara menghindari hukuman berat. 

China Press & Sin Chew menguatkan dugaan tersebut dengan pernyataan seorang ahli forensik. 

Ahli tersebut mengatakan jika bagian tubuh Abby yang tersisa tidak ditemukan, akan ada kekurangan bukti untuk mendakwa mertuanya atas pembunuhan.

"Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi korbannya, bagaimana Anda akan mengetahui identitas pembunuhnya?" kata ahli forensik.

Baca juga: Selain di Panci Sup, Bagian Tubuh Abby Choi Juga Ditemukan Dalam Kulkas

Di sisi lain, bagian tubuh Abby Choi yang ditemukan tidak banyak membantu, terutama yang sudah dimasak dalam panci sup.

Karena ahli forensik mengatakan bahwa DNA dapat dengan mudah dihancurkan di bawah suhu panas.

Selain kepala yang ditemukan dalam panci sup berisi sayuran dan daging cincang, bagian kaki Abby Choi termasuk yang sudah ditemukan.

Bagian yang sampai saat ini masih dalam pencarian adalah tangan dan torso. Dan mereka bekerja sepanjang waktu untuk menemukan bagian tersebut.

Menurut Channel News Asia, hingga pagi 1 Maret 2023, polisi di Hong Kong mengatakan bahwa mereka belum menemukan sesuatu yang substansial di tempat pembuangan sampah akhir.

Tetapi mereka berhasil menemukan beberapa tulang, yang tidak dapat mereka simpulkan apakah itu milik hewan atau manusia.

Mantan suami, ayah mertua, ipar laki-laki, dan ibu mertua Abby saat ini berada dalam tahanan polisi, dan mereka tidak akan dibebaskan dengan jaminan.

Kasus ini telah ditetapkan untuk diadili pada tanggal 8 Mei tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com