Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video YouTuber Asal Kalimantan Ceritakan Pengalaman Berada di Kota Saranjana

Kompas.com - 22/02/2023, 14:21 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Nama kota Saranjana kembali ramai dibicarakan di media sosial usai viral foto seorang dokter yang diduga berlatar belakang kota tersebut.

Terlepas asli tidaknya foto tersebut, hal ini membuat kisah seorang YouTuber asal Kalimantan yang pernah menceritakan pengalaman berada di kota Saranjana mendadak viral di media sosial.

"Aku dari Kalimantan Selatan, tinggal di Banjarbaru. Kalimantan Selatan itu ada dua kota 11 kabupaten, Saranjana itu letaknya ada di kabupaten Kotabaru," ujar Gusti Gina dalam video yang viral dan bersumber dari YouTube RJL5- Fajar Aditya.

Gina mengatakan bahwa kota Saranjana yang ada dalam wilayah pulau Laut itu dihuni oleh orang dari berbagai macam suku.

Di mana sebagian besar dari mereka percaya bahwa Saranjana sebenarnya meliputi seluruh pulau Laut.

Baca juga: Kenang Pengalaman Saat Konser, Armand Maulana Terkejut Kerumunan Penonton Mendadak Hilang

Tahun 2016, Gina pernah mengalami kejadian yang sampai sekarang masih diingatnya tentang Saranjana.

Gina yang datang ke Kotabaru untuk ikut serta dalam Festival Budaya, tak percaya ketika mendengar tentang kota Saranjana.

"Ngeyel bicarain Saranjana, 'ah masak, itu mah urban legend, cerita rakyat.' Bodoh juga pada saat itu, ini jadi pelajaran banget buat aku, enggak takabur sama hal-hal begituan," kata Gina.

"Sebenernya yang jadi becandaan aku sama temen-temen soal Saranjana, ketidakmungkinan Saranjana ada di Kalimantan. Kalimantan kan secara infrastruktur tertinggal jauh, tidak ada gedung pencakar langit, sedangkan dalam kepercayaan, (Saranjana) kayak Jakarta lah," lanjutnya.

Baca juga: 3 Fakta Menarik Film M3GAN, Sempat Viral di TikTok

Pandangan Gina tentang Saranjana mulai berubah ketika seorang warga asli Kotabaru memberitahu dia dan teman-temannya, bahwa Saranjana memang ada.

Orang tersebut mengatakan bahwa mereka yang asli warga Kotabaru sudah biasa berinteraksi dengan orang-orang dari Saranjana.

"Ada spot-spot khusus yang bisa masuk, cuma pusatnya di desa Okaoka," ucap Gina menirukan informasi yang diterimanya dari warga setempat.

Setelah tahu hal tersebut, Gina dan teman-temannya yang awalnya membicarakan kota Saranjana sebagai bahan lelucon, akhirnya tak mau lagi sembarangan membicarakan tentang Saranjana ketika masih ada di Kotabaru.

Baca juga: Nyanyi Hampa Diiringi DEWA 19, Ari Lasso: Khusus untuk Ibu Negara Kita, Lagu Favorit Beliau

Tapi seperti sudah terlambat, di hari terakhir mereka menginap di Kotabaru, sebuah peristiwa yang tak bisa dijelaskan, dialami Gina dan teman-temannya.

Seolah tak bisa mengendalikan tubuh, Gina yang melihat sesosok wanita di dalam kamarnya dan berencana lari ke kamar temannya, justru lari ke luar dan naik ke arah tangga lantai tiga hotel tempatnya menginap.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com