Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Jadi Ke-266, Pura Mangkunegaran Gelar Festival Musik dan Kuliner Laras Hati

Kompas.com - 20/02/2023, 15:11 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pura Mangkunegaran akan menghadirkan festival musik, kuliner, serta lomba lari untuk merayakan hari jadinya yang ke-266.

Pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Paduka Mangkunegoro X mengatakan, acara ini sebagai bentuk melestarikan budaya yang menjangkau masyarakat luas.

"Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan," ungkap Sri Paduka Mangkunegoro X dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Senin (20/2/2023).

Dengan adanya perhelatan tersebut, Sri Paduka Mangkunegoro X berharap agar masyarakat bisa belajar tentang Pura Mangkunegaran.

"Acara ini bukan hanya milik Pura Mangkunegaran, namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya," ucap Sri Paduka Mangkunegoro X.

Pura Mangkunegaran menghadirkan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Pura Mangkunegaran serta lomba lari Mangkunegaran Run in Solo.

Puncak perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran pada Minggu (12/3/2023) tersebut dimeriahkan sejumlah musisi nasional dan aneka sajian makanan legendaris.

Festival musik dan kuliner akan diselenggarakan di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran.

Sementara, rute lomba lari dengan kategori 5, 10, dan 21 kilometer (half marathon) akan melintasi sebagian Kota Solo.

Sejumlah musisi nasional yang akan meramaikan festival tersebut, antara lain grup musik RAN, Marion Jola, dan Vina Panduwinata.

Ada juga Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta, pelantun lagu keroncong Endah Laras, serta penampilan spesial Tribute to Didi Kempot.

Penyelenggara menyediakan tiket kategori festival dan super festival bagi para pengunjung Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023.

Tiket kategori festival akan dijual seharga Rp 145.000, sementara tiket super festival dibanderol Rp 400.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com