Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPI Sebut Protes Deddy Corbuzier soal Kehadiran Fajar Sadboy di TV Tidak Tepat

Kompas.com - 20/01/2023, 14:11 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) angkat bicara soal protes yang dilayangkan YouTuber Deddy Corbuzier.

Sebelumnya, Deddy Corbuzier mempertanyakan keberadaan KPI saat Fajar Sadboy, anak usia remaja, hadir sebagai narasumber di beberapa program televisi Tanah Air.

Komisioner Pusat KPI, Mimah Susanti, menganggap yang dikatakan Deddy tidak tepat.

Baca juga: Alasan KPI Tak Larang Fajar Sadboy Diwawancara di Televisi

KPI memandang Deddy lebih menjaga pasarnya (subscriber) daripada memahami Pasal secara benar.

"Soal Deddy, ini soal Pasal atau pasar? Kalau Pasal, apa yang disampaikan Deddy itu tidak tepat," kata Mimah Susanti saat menghadiri Fit and Proper Test calon anggota KPI periode 2022-2025 di Gedung DPR dikutip dari live streaming channel Komisi I DPR RI, Jumat (20/1/2023).

Mimah menambahkan, jauh sebelum Deddy Corbuzier angkat bicara, pihak KPI telah menelusuri tentang kehadiran Fajar Sadboy di televisi.

Baca juga: KPI Jawab Protes Deddy Corbuzier soal Kehadiran Fajar Sadboy di Televisi

"Karena di media sosial Deddy ini punya tempat sendiri. Dia bebas omong apa saja. Sebenarnya jauh sebelum Deddy kami sudah telusuri, kami sudah cek ke pemantauan. Enggak ada (pelanggaran) di situ. Fajar itu 15 tahun kategori remaja," lanjut Mimah.

Sebelumnya, lewat unggahan Instagram resmi, KPI memberikan penjelasan bahwa Fajar tak termasuk dalam usia anak-anak lantaran sudah 15 tahun.

"Berdasarkan Standar Program Siaran (SPS) anak terdiri atas anak-anak dan remaja. Anak-anak: 7-12 tahun dan remaja: 13-17 tahun. Anak tidak boleh dihadirkan sebagai narasumber di luar kapasitas mereka dalam konteks konflik rumah tangga, bencana/musibah, dan konflik kekerasan traumatis," tulis pihak KPI dikutip dari akun @kpipusat.

Baca juga: Deddy Corbuzier Protes soal Wawancara Fajar Sadboy di Televisi

Dengan penjelasan tersebut, pihak KPI tak melarang Fajar Sadboy hadir sebagai narasumber di televisi.

"Fajar remaja usia 15 tahun. Acara yang ditujukan bagi remaja (13-17 tahun), tidak ada larangan sih menampilkan cerita asmara, selama tidak melanggar norma dan kesusilaan. Kalau yang untuk anak-anak (7-12 tahun) baru dilarang," tutur pihak KPI.

Nama Fajar Sadboy sendiri ramai dibicarakan lantaran gaya bertuturnya dalam membahasakan patah hati yang dia alami setelah ditinggal mantan kekasihnya.

Fajar pun semakin lama terkenal lantaran sering muncul di FYP platform TikTok hingga diundang ke berbagai program televisi Tanah Air.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com