Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdur Gelar Show Pahlawan Perlu Tanda Jasa, Seluruh Keuntungan Disumbangkan untuk Guru Honorer

Kompas.com - 18/01/2023, 20:37 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Abdur Arsyad siap menggelar pertunjukan stand up komedi bertajuk Pahlawan Perlu Tanda Jasa (PPTJ) mulai 28 Januari 2023 hingga 25 Februari 2023.

Lewat PPTJ, Abdur akan berkeliling Pulau Jawa diawali dengan Malang, Jawa Timur, hingga berakhir di Jakarta.

Abdur mengangkat persoalan tentang pendidikan di Indonesia, berkaca pada kondisi yang pernah ia alami bertahun-tahun lalu, yakni sebagai seorang guru honorer.

Baca juga: Arie Kriting Bikin Parodi Insiden Oscar 2022 dengan Abdur Arsyad

Abdur sempat menjadi seorang guru honorer di sebuah SMK di Kota Malang.

"Di special show kali ini, saya mengangkat tema tentang dunia pendidikan di Indonesia, khususnya tentang guru yang sering disebut sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Padahal jasa mereka sangat besar untuk negeri ini," ungkap Abdur dikutip dari siaran pers, Rabu (18/1/2023).

"Sudah menjadi rahasia umum, tentang kondisi para pendidik, terutama guru honorer di Indonesia yang hidup dengan upah seadanya. Hal ini membuat beberapa dari mereka mengalami kesulitan, bahkan hanya untuk sekadar memenuhi kebutuhan hidup," lanjutnya.

Baca juga: Deretan Artis dan Pejabat yang Pernah Di-roasting Komika

Selain melontarkan materi tentang pendidikan, Abdur akan membawa pertunjukannya seakan-akan menjadi ruang kelas.

Dari sisi dekorasi, outfit, bunyi bel sekolah, dan juga pembahasan bit stand-up comedy yang akan berbasis mata pelajaran di sekolah.

"Kami sudah mempersiapkan lima kota yang akan dijadikan tujuan tur stand-up comedy PPTJ. Tur ini akan dijalankan melalui jalur darat menggunakan tur bus yang sudah di-branding dengan visual PPTJ," ujar Abdur.

Baca juga: Komika Perempuan Indonesia Siapa Saja?

"Comika Event sendiri telah bekerja sama dengan komunitas Standupindo di kota Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Bogor, dan Jakarta. Serta turut melibatkan komika yang ada di komunitas tersebut," lanjutnya.

Abdur juga akan mengundang sejumlah guru yang ada di tiap kota tersebut untuk menyaksikan PPTJ.

"Kami juga turut mengundang guru yang ada di tiap kota agar dapat menyaksikan pertunjukan Pahlawan Perlu Tanda Jasa. Untuk di Jakarta, kami sudah mempersiapkan venue yang sudah banyak dikenal masyarakat, yaitu Teater Besar Jakarta di Taman Ismail Marzuki," timpal Ben Gurion, Head of Promotor Comika Event.

Baca juga: Daftar Nama Komika Indonesia

Seiring tur PPTJ, Abdur Arsyad menggandeng Kitabisa.com menggalang dana yang akan disumbangkan kepada guru honorer di Indonesia.

Nantinya, keuntungan pribadi dari pertunjukan PPTJ juga akan masuk ke Kitabisa.com lewat tautan https://kitabisa.com/campaign/pahlawanperlutandajasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com