Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Menghindari Wajib Militer, Oknum Selebritas Korea Selatan Mengaku Bisa Melihat Hantu

Kompas.com - 14/01/2023, 16:14 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Allkpop

KOMPAS.com- Setelah Ravi VIXX dituduh menghindari wajib militer, kini muncul pernyataan tentang cara selebritas lain menghindari wajib militer.

Baru-baru ini, ditemukan bahwa bintang olahraga, selebritas, dan lainnya, bersekongkol dengan perantara untuk menerima diagnosis 'epilepsi palsu' untuk mendapatkan pembebasan dari dinas militer.

Kejaksaan serta Administrasi Tenaga Kerja Militer secara intensif menggali kasus serupa.

Di tengah-tengah kabar ini, Yoon Byung Kwan, seorang pengacara yang menjabat sebagai petugas yudisial di Administrasi Tenaga Kerja Militer, memperkenalkan berbagai metode yang digunakan individu untuk menghindari wajib militer.

Baca juga: Ravi VIXX Dituduh Hindari Wajib Militer, Agensi Buka Suara

Metode yang diungkapnya di acara radio YTN ini terjadi selama menjadi petugas yudisial atau metode yang pernah dia dengar.

"Menurut Pasal 12 UU Dinas Militer, hasil ujian dinas militer dibagi menjadi kelas 1 sampai 7 menurut dokter militer," ujarnya.

"Dinas militer diklasifikasikan ke dalam tiga kategori utama: tugas aktif, pekerja layanan sosial, dan pembebasan dari dinas militer," lanjutnya menjelaskan.

Kemudian Yoon menjelaskan tentang masing-masing kelas tersebut.

"Biasanya, kelas 1 sampai 3 adalah prajurit tugas aktif, kelas 4 adalah pekerja layanan tambahan atau pekerja layanan sosial," ujarnya.

"Dan kelas 5 dipindahkan ke tenaga kerja masa perang tetapi hanya menerima pelatihan pertahanan sipil. Kelas 5, 6 dianggap dibebaskan dari dinas militer," sambung Yoon.

Baca juga: Deretan Idol KPop yang Bakal Selesai Wamil Tahun 2023

Pengacara kemudian menjelaskan isu kontroversi diagnosis epilepsi terbaru yang baru-baru ini mengemuka.

"Menurut aturan pemeriksaan, meskipun tidak ditemukan kelainan pada tes EEG, jika seseorang memiliki riwayat pengobatan selama setahun atau lebih, mereka dapat menerima layanan tambahan tingkat 4," kata Yoon.

"Jika seseorang memiliki riwayat pengobatan selama 2 tahun atau lebih, mereka dapat memperoleh penilaian tingkat 5," imbuhnya.

Pengacara Yoon Byung Kwan kemudian membagikan beberapa kasus di mana selebriti berusaha menghindari dinas militer yang dia tangani atau dengar.

"Ada kasus di mana selebriti dengan sengaja merusak gigi mereka dan dibebaskan dari wajib militer," ucap Yoon.

Baca juga: Daftar Idol Kpop yang Tidak Ikut Wamil dan Sebab Dibebaskan Wajib Militer

Halaman:
Sumber Allkpop
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com