Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Akhir Film The Menu, Apa Arti Burger Keju yang Bisa Selamatkan Nyawa?

Kompas.com - 09/01/2023, 08:49 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Sudah tayang berminggu-minggu lalu dan kini tayang di Disney+, akhir film The Menu mungkin menimbulkan tanda tanya tentang makna dari cheese burger yang dipesan Margot/ Erin (Anya Taylor-Joy) dan membuatnya bebas dari kematian. 

Anya Taylor-Joy dan Nicholas Hoult (Tyler) menjadi tamu di sebuah restoran kelas atas yang dijalankan oleh koki selebritas misterius Julian Slowik (Ralph Fiennes).

Tapi makan malam eksklusif yang mereka daftarkan tidak seperti yang terlihat, dan segera semua tamu menyadari bahwa mereka di sana harus berjuang untuk hidup.

Film ini sekarang tayang di Disney+, artinya inilah saatnya untuk menggali bagaimana semua pemain bisa sampai di sana dan, yang lebih penting, apa motif di balik pembunuhan kejam Slowik. Berhati-hatilah dengan spoiler jika belum menonton. 

The Menu dibuka dengan Margot (Joy) dan Tyler (Hoult) akan naik kapal pesiar ke pulau pribadi tempat restoran Slowik berada, tetapi mereka bukan satu-satunya tamu untuk malam eksklusif ini.

Baca juga: Fakta Menarik Film The Menu, Terinspirasi dari Pengalaman Fine Dining Penulis Skenario

Mereka bergabung dengan kritikus makanan Lilian (Janet McTeer, Ozark) dan editornya Ted (Paul Adelstein), pasangan kaya Richard (Reed Birney) dan Anne (Judith Light), George (John Leguizamo), bintang film post-prime, dan asisten pribadinya Felicity (Aimee Carrero).

Serta mitra bisnis Soren (Arturo Castro), Dave (Mark St Cyr), dan Bryce (Rob Yang, Suksesi), bersama dengan ibu pecandu alkohol Julian (Rebecca Koon).

Ketika mereka tiba, mereka disambut oleh Elsa (Hong Chau) pemilik restoran dan tangan kanan Julian yang memperhatikan bahwa Margot tidak ada dalam manifes.

Elsa memandu mereka dalam tur sebelum mempersilakan mereka dudukdi restoran, di mana setiap kursi direncanakan secara khusus.

Baca juga: Daftar Pemain Film The Menu, Ada Anya Taylor-Joy hingga Nicholas Hoult

Makan malam dimulai, setiap menu diperkenalkan oleh monolog yang panjang dan semakin aneh dari Slowik.

Seperti ketika hidangan keempat disajikan, diawali dengan salah satu sous-chef militan yang menembak kepalanya sendiri di depan para tamu.

Slowik yang menyadari bahwa Margot bukan tamu yang seharusnya ada di restoran itu, akhirnya mengetahui nama aslinya adalah Erin, seorang pekerja seks yang disewa Tyler sebagai teman kencannya, berpura-pura sebagai Margot.

Mengetahui hal itu, Slowik memberinya pilihan untuk diperlakukan sama seperti para tamu atau staf, tapi bagaimanapun juga, dia akan tetap mati.

Baca juga: Jadwal Tayang The Menu, Makan Malam Menegangkan bareng Ralph Fiennes,

Setelah Erin/ Margot memutuskan sebagai staf, Slowik memintanya untuk mengambil tong dan saat keluar, dia menyelinap ke rumah Slowik di mana dia sudah berhadapan dengan Elsa.

Mereka berkelahi dan Erin/Margot membunuh Elsa sebelum melanjutkan pengintaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com