Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivienne Westwood Tutup Usia, Perancang Busana yang Perkenalkan Gaya Punk di Dunia

Kompas.com - 30/12/2022, 13:36 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivienne Westwood, perancang busana asal Inggris yang mempopulerkan gaya punk di seluruh dunia meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022).

Kabar kepergian Vivienne Westwood diketahui dalam sebuah tweet akun Twitter-nya.

"Vivienne Westwood meninggal hari ini, dengan damai dan dikelilingi oleh keluarganya, di Clapham, London Selatan," tulis akun Vivienne Westwood seperti dilansir dari Variety pada Jumat (29/12/2022).

“Dunia membutuhkan orang-orang seperti Vivienne untuk membuat perubahan menjadi lebih baik," bunyi tweet tersebut.

Baca juga: Desain Paling Ikonik dari Vivienne Westwood, Tak Lekang oleh Waktu

Pertama kali menjadi terkenal pada 1970-an sebagai salah satu pemilik butik SEX bersama dengan manajer Sex Pistols Malcolm McLaren, Vivienne Westwood membantu membentuk gaya skena punk Inggris.

Toko itu menjadi tempat pertemuan band-band punk, dan kreasi Vivienne Westwood, yang dikenakan oleh punk rocker di London.

Secara tidak langsung, mereka memperkenalkan gaya baru ke penjuru dunia dengan menggunakan pakaian berbahan karet, banyak resleting, celana tartan bondage yang sobek hingga kaus bergrafiti.

Toko tersebut kemudian berganti nama menjadi Seditionaries – Clothes for Heroes and then World’s End saat minat Vivienne Westwood beralih dari kancah punk.

Baca juga: Vivienne Westwood, Ikon Fashion Punk Inggris Meninggal Dunia

Sejumlah grup musik, seperti Siouxsie and the Banshees dan The Slits dipengaruhi oleh fesyennya, dan Viv Albertine dari the Slits menulis dalam memoarnya

“Vivienne dan Malcolm menggunakan pakaian untuk mengejutkan, mengganggu, dan memprovokasi reaksi tetapi juga untuk menginspirasi perubahan. Jumper Mohair, dirajut dengan jarum besar, begitu longgar sehingga Anda dapat melihat seluruhnya," tulis Viv Albertine.

"T-shirt disayat dan ditulis dengan tangan, jahitan dan label di bagian luar, menunjukkan konstruksi potongan; sikap ini tercermin dalam musik yang kita buat. Tidak apa-apa untuk tidak menjadi sempurna, untuk menunjukkan cara hidup dan pikiran Anda dalam lagu dan pakaian Anda," tulisnya lagi.

Selain koleksi fesyennya, ia merancang seragam pramugari dari Virgin Atlantic dan menyediakan lemari pakaian untuk Elisabeth Shue di film Leaving Las Vegas serta untuk Shadowboxer dan Twenty-One.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Vivienne - Sundara Karma

Film dokumenter 2018, Westwood: Punk, Icon, Activist meliput kehidupan dan pekerjaannya, dan dia diperankan dalam serial mini FX Pistol oleh Talulah Riley.

Karakter Carrie Bradshaw Sarah Jessica Parker mengenakan salah satu gaun pengantin kreasi Westwood dalam versi film Sex and the City.

Westwood adalah seorang aktivis politik, bekerja untuk melawan konsumerisme, melindungi lingkungan dan memprotes penyebab seperti ketidaksetaraan upah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com