Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Tak Terlupakan Cornelia Agatha tentang Aminah Cendrakasih

Kompas.com - 22/12/2022, 12:11 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Artis peran Cornelia Agatha memiliki banyak kenangan yang tidak terlupakan bersama aktris senior Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak.

Kendati demikian, Cornelia mengatakan ada satu kenangan yang sangat membekas, yakni saat ia dan Mak Nyak syuting bareng.

"Sebenarnya banyak sih, banyak banget. Cuma memang ada satu adegan yang sampai sekarang membekas banget," kata Cornelia Agatha saat ditemui di rumah duka, kawasan Jurang Mangu Barat, Tangerang Selatan pada Kamis (22/12/2022).

"Bikin sayur asem. Kayak masak bareng Mak Nyak. Itu memang adegan yang… enggak tahu ya, ya paling enggak bisa dilupakan," ucap Cornelia Agatha melanjutkan.

Baca juga: Cornelia Agatha: Aminah Cendrakasih adalah Sosok Aktris yang Berdedikasi Tinggi

Cornelia Agatha dan Aminah Cendrakasih bermain bareng dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan Si Doel The Movie.

Di dalamnya Cornelia Agatha memerankan Sarah, kekasih Si Doel (Rano Karno) putra Mak Nyak yang diperankan Aminah Cendrakasih.

Cornelia mengenal Mak Nyak merupakan sosok aktris senior yang selalu menghargai junior.

Meski sudah malang melintang di dunia hiburan Tanah Air, kata Cornelia, Mak Nyak selalu membimbing juniornya.

Baca juga: Sosok Aminah Cendrakasih di Mata Pemeran Hans Si Doel Anak Sekolahan

"Tapi, memang yang paling berkesan ya itu, kebersahajaan dan juga bagaimana Mak Nyak sangat menghargai kita semua, setiap orang yang bertemu dengan Mak Nyak. Mak Nyak sangat menghargai," ujar Cornelia.

"Dan, sebagai seorang aktris, kita semua harus akui bahwa Mak Nyak memang seorang aktris yang berdedikasi tinggi meskipun dalam keadaan seperti itu pun beliau masih berkontribusi dalam dunia sinetron, terutama dengan menghidupkan Si Doel agar terus bisa bernapas," kata Cornelia melanjutkan.

Sebagai informasi, Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak meninggal dunia di salah satu rumah anaknya, kawasan Jurang Mangu, Tangerang Selatan pada Rabu (21/12/2022).

Baca juga: Jenazah Aminah Cendrakasih Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Ibunya, Mak Wok

Sebelum meninggal dunia, Mak Nyak sempat mengalami muntah-muntah sejak pagi hari hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir di atas tempat tidur.

Selain itu, sebelum kepergiannya, Mak Nyak berjuang melawan penyakit yang dideritanya beberapa tahun terkahir, glaukoma.

Mak Nyak dimakamkan pada Kamis (22/12/2022) di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com