Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Parenting ala Nikita Willy: Biarkan Baby Melakukan Aktivitas Rutin

Kompas.com - 15/11/2022, 19:50 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Nikita Willy membagikan tips parenting yang dilakukannya untuk sang anak, Issa Xander Djokosoetono.

Nikita berujar, sampai saat ini ia dan suaminya, Indra Priawan Djokosoetono, masih belajar ilmu parenting mengingat keduanya juga masih orangtua baru.

Menurut Nikita, ada yang paling penting dalam kegiatan parenting. Salah satunya adalah dengan memberikan rutinitas untuk bayi.

Baca juga: Latih Anak Tidur Sendiri Sejak Usia 4 Bulan, Nikita Willy Pakai Jasa Sleep Trainer

“Kalau tipe parenting buat aku sebenarnya aku dan Indra masih belajar, aku sama Indra new parent jadi aku masih harus belajar banyak banget,” ujar Nikita Willy dikutip Kompas.com di kanal YouTube pribadinya, Selasa (15/11/2022).

“Cuma dari buku-buku dan workshop yang kita belajar sebelumnya tentang parenting, kita penting sekali untuk memberikan rutinitas kepada bayi kita,” lanjut Nikita.

Nikita mengatakan, rutinitas untuk bayi itu sangat penting untuk bayi bahkan untuk orangtuanya juga.

Baca juga: Nikita Willy Pakai Metode BLW untuk MPASI Bayinya

Oleh karena itu, ia berusaha maksimal untuk menghormati rutinitas yang dilakukan baby Isha setiap haru.

“Seperti rutinitas Issa dia bangun jam 06.00 atau 06.30 terus dia minum susu, dia breakfast. Dua jam setelah dia bangun dia harus tidur lagi. Setelah tidur siang pertama, dia bangun, makan siang, minum susu,” kata Nikita.

“Dua jam setelah dia bangun pertama, dia tidur yang kedua. Dua jam setelah bangun kedua, dia main-main, snack, makan malam buah. Dia main-main terus dia tidur malam. Nah itu sebisa mungkin kita harus stick that rutin,” lanjut Nikita.

Baca juga: Kualitas Udara di Jakarta Beda dengan di Los Angeles, Nikita Willy Sebut Putranya Sempat Alami Batuk

Dengan melatih melakukan aktivitas rutin setiap harinya, maka bayinya jadi terbiasa disiplin.

“Jadi menurut aku karena kita stick that rutin setiap hari itu membuat dia disiplin. Itu menaruh di memorinya dia oke habis ini aku makan, abis ini aku tidur. Jadi kita merawat baby terlihat gampang. Jadinya gampang karena kita tahu rutinitas dia,” kata Nikita.

Selain membuat baby menjadi disipin, hal itu juga membuat orangtua bisa melakukan aktivitas lain.

Baca juga: Alasan Nikita Willy Ingin Dipanggil Ibu oleh Anaknya

Sehingga tak perlu 24 jam merawat anak mengingat masih punya beberapa waktu luang untuk melakukan aktivitas lainnya.

“Jadi kita bisa punya rutinitas yang lain bukan 24 jam sama baby terus walaupun kita enggak ada baby sitter,” ucap Nikita.

“Dengan memberikan baby rutinitas membantu aku banget dan Indra punya kegiatan-kegiatan lain dan membantu Issa lebih calm dan lebih tahu apa-apa aja kegiatan dia setiap hari,” tutur Nikita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com