Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Ryan Coogler Belajar Berenang demi Black Panther: Wakanda Forever

Kompas.com - 11/11/2022, 15:57 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com - Penulis sekaligus sutradara Ryan Coogler belajar berenang saat membuat film Marvel Cinematic Universe (MCU) terbaru, Black Panther: Wakanda Forever.

Coogler mengatakan, beberapa pemeran Wakanda Forever harus belajar menyelam bebas dan dilatih dengan instruktur dan akrobat akuatik untuk film tersebut.

Karena para pemeran harus melakoni karakternya, Coogler memutuskan untuk turut serta bersama mereka dan dia pun ikut belajar berenang.

Baca juga: Ryan Coogler Ungkap Alasan Pilih Rihanna sebagai Penyanyi OST Black Panther: Wakanda Forever

"Banyak dari kita dibesarkan untuk takut air. Saya harus memikirkan cara berenang agar saya bisa menyutradarai film ini," kata Coogler seperti dilansir People pada Jumat (11/11/2022).

Kata Coogler, hampir setengah dari adegan Wakanda Forever berlangsung di bawah air dengan tambahan antagonis baru, yakni Namor (Tenoch Huerta) yang menguasai Talokan.

"Saya hanya terkesan dengan seberapa banyak aksi yang mereka lakukan, bagaimana semua orang muncul siap untuk pergi, siap untuk belajar cara menyelam gratis," katanya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Film Black Panther: Wakanda Forever

Coogler berujar, pada awal syuting, keterampilan renangnya hanya cukup untuk bagaimana bertahan hidup.

Bagi Coogler, itu merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk belajar bagaimana menyelam bebas dan renang lebih terampil bersama para pemain.

"Saya ingat itu adalah perasaan yang liar, seperti saya tidak percaya saya berada di dalam air ini. Kemudian saya mulai berlatih menahan napas dan merasa nyaman," tutur Coogler.

Baca juga: Alasan Wajib Nonton Film Black Panther: Wakanda Forever

Dalam hal ini, Coogler tidak sendirian. Bassett dan Lupita Nyong'o menyatakan bahwa mereka juga bukan perenang yang terampil sebelum syuting.

"Anda tahu, gadis kulit hitam memiliki sejarah ini dengan air dan rambut mereka. Beberapa dari kita tidak bisa berenang dengan baik," ucap Bassett.

"Sebelum kami memulai film ini, saya tahu cara berenang, tetapi saya bukan perenang yang percaya diri," tambah Nyong'o.

Kedua aktris itu berlatih sampai pada titik di mana mereka berdua bisa menahan napas di bawah air selama sekitar dua menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com