BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Riri Riza Ungkap Rahasia di Balik Pembuatan Film “Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu”

Kompas.com - 13/10/2022, 13:45 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sutradara kenamaan Riri Riza dan produser Mira Lesmana baru saja meluncurkan film pendek berjudul Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu pada Kamis, (6/10/2022).

Film itu merupakan karya kedua Riri yang dihasilkan menggunakan flagship smartphone besutan Oppo. Sebelumnya, ia juga pernah membuat film pendek You and Me in Low Angle.

Pada film berdurasi 30 menit dan bergenre misteri romantis tersebut, Riri dan Mira menggandeng Nicholas Saputra sebagai pemeran utama.

Film itu bercerita tentang Rhun (diperankan Nicholas), seorang novelis yang sedang merampungkan tulisannya.

Untuk memberi rasa, Rhun meminta kerabatnya, Luki (Tata Ginting), mencarikan seorang pembaca novelnya. Tanpa butuh waktu lama, Luki menemukan seseorang yang cocok sebagai pembaca, yakni Ajeng (Rania Putri Sari). Tempat tinggalnya pun tak jauh dari vila milik Rhun.

Dalam waktu enam minggu, Rhun meminta Ajeng datang satu kali tiap minggu dan duduk bersamanya selama beberapa jam untuk membaca 18 bab novelnya.

Hari itu tiba. Perempuan sederhana yang menjadi pembaca novel Rhun itu pun datang menggunakan sepeda motor setiap Rabu. Ia duduk dan membaca setiap kalimat serta majas di novel Rhun. Tidak ada perkenalan, bincang-bincang, bahkan minum dan makan bersama.

Nicholas Saputra memerankan film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas LaluOppo Nicholas Saputra memerankan film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu

Aktivitas itu terus berulang selama beberapa minggu di setiap Rabu. Lalu, kejadian aneh muncul saat Rhun tidak menemukan suara Ajeng dalam rekaman suara di ponselnya. Perempuan tersebut juga tidak pernah datang lagi pada Rabu berikutnya.

Rhun mulai penasaran dengan sosok perempuan tersebut. Ia mendatangi sebuah tempat di gang kecil, tempat Ajeng pernah masuk ke sana. Di sanalah, semua rasa penasaran terjawab. Meski jauh di luar nalar, pengalaman itu terasa begitu nyata oleh Rhun.

Rasa penasaran memang ditonjolkan oleh Riri Riza pada film pendeknya itu. Penonton pun ikut terbawa dan penasaran dengan sosok Ajeng.

Selain misterius, Ajeng juga meninggalkan kesan mistis. Apalagi, ia hanya sedikit berbicara dan tidak pernah meneguk teh yang disediakan memunculkan banyak pertanyaan.

Ditambah dengan teknik sinematografi minim cahaya, suasana romansa misteri itu dapat terbangun dengan apik. Latar unik dari bangunan vila dan toko buku kuno, serta hutan dengan pohon-pohon besar menjulang ditemani suara embusan angin dan cuitan burung semakin menghidupkan romansa misteri pada film itu.

Baca juga: Gandeng Nicholas Saputra di Film Terbarunya, Riri Riza Beberkan Pengalaman Bikin Film Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Riri bercerita, pembuatan film Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu penuh tantangan. Ia harus bisa membangkitkan suasana romansa misterius hanya berbekal kamera pada Oppo Find X5 Pro 5G. Tone warna gelap, akunya, kerap menjadi penghalang dalam menampilkan emosi para tokoh.

“Namun, dengan Oppo Find X5 Pro 5G, kendala tersebut dapat teratasi. Ini memungkinkan saya mendapatkan hasil yang memberikan sentuhan emosi dalam film,” papar Riri yang juga merupakan Oppo Cinefinder.

Riri Riza, Nicholas Saputra, dan Mira Lesmana dalam Peluncuran Film Pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu.(Dok. Oppo) Riri Riza, Nicholas Saputra, dan Mira Lesmana dalam Peluncuran Film Pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu.(Dok. Oppo)

Selaku produser, Mira mengaku senang saat mendesain produksi film pendek itu.

“(Karena menggunakan smartphone) kami memiliki kebebasan untuk merancang ide cerita yang unik dan membuat sebuah produksi yang tidak terbebani oleh kru dan bujet besar,” tutur Mira.

Mira mengatakan bahwa kemajuan teknologi memungkinkan siapa saja bisa membuat film dengan smartphone dan memudahkan para sineas muda dalam mengambil gambar untuk karya film mereka.

Menggarap film lebih ekspresif dengan Oppo

Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan bahwa pihaknya bangga bisa berkolaborasi dengan Riri dan Mira dalam menghadirkan film pendek yang keseluruhan pengambilan gambarnya menggunakan kamera smartphone Oppo Find X5 Pro 5G.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen dukungan Oppo terhadap industri kreatif, termasuk industri perfilman di Tanah Air,” tutur Patrick.

Teknologi yang disematkan pada Oppo Find X5 Pro 5G terbukti berhasil digunakan untuk membuat film bagus, seperti Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu.

Oppo Find X5 Pro 5G (Dok. Oppo)Oppo Oppo Find X5 Pro 5G (Dok. Oppo)

Teknologi canggih dari fitur 4K Ultra Night Video dan chip neural processing unit (NPU) MariSilicon X yang tersemat di Oppo Find X5 Pro 5G, misalnya, membantu Riri menciptakan suasana romansa misteri dengan tone warna gelap.

Kualitas 4K pada video minim cahaya juga bisa didapat berkat teknologi canggih artificial intelligence noise reduction (AINR) dan 3D noise reduction (3DNR). Kombinasi dua teknologi ini bisa memaksimalkan detail dan rentang dinamis video sehingga mampu merepresentasikan gerakan dengan lebih baik.

Tak hanya itu, Oppo Find X5 Pro 5G juga dibekali dua kamera flagship beresolusi 50 megapiksel (MP) yang memiliki sensor Sony IMX766.

Smartphone flagship itu juga dilengkapi lensa kamera berbahan kaca yang mampu mengurangi penyimpangan hingga 77 persen ketimbang lensa berbahan plastik. Lensa tersebut juga dapat meningkatkan akurasi warna.

Baca juga: Punya Kualitas Videografi Mumpuni, Ini Sederet Fitur yang Ada pada Kamera Oppo Find X5 Pro 5G

Patrick berharap, keberadaan Oppo Find X5 Pro 5G dapat mendorong produksi film berkualitas di Indonesia.

Smartphone Flagship Oppo Find X5 Pro 5GOppo Smartphone Flagship Oppo Find X5 Pro 5G

“Oppo percaya, kreativitas tidak memiliki batas dan teknologi mampu menjadi bagian dari hasil karya berkualitas,” tutur Patrick.

Sebagai informasi, film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu dapat disaksikan di kanal resmi Youtube Oppo Indonesia berikut.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com