Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memacari Remaja 14 Tahun, Kriss Hatta Dikecam KPAI

Kompas.com - 29/09/2022, 11:20 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengecam artis Kriss Hatta (34) karena memacari remaja berusia 14 tahun.

Sebelumnya diberitakan, Kriss Hatta mengaku berpacaran dengan seorang remaja yang 20 tahun lebih muda darinya. Menurut Kriss Hatta, pacarnya berusia 14 tahun.

“Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk kepada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia,” ujar Komisioner KPAI, Retno Listyarti dalam siaran pers, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Psikolog: Motif Kriss Hatta Pacari Anak di Bawah Umur Patut Dipertanyakan

Retno menilai pernyataan Kriss Hatta yang ingin menikahi kekasihnya berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia di bawah umur.

Padahal jelas-jelas pemerintah pusat dan daerah kini tengah giat berjuang menurunkan angka perkawinan anak.

“Public figure harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal,” kata Retno.

Menurut Retno, tidak seharusnya Kriss Hatta mengumbar ke publik tentang hubungannya dengan perempuan di bawah umur.

Baca juga: Kriss Hatta Dihujat Usai Pengakuan Pacari Anak di Bawah Umur

Bahkan, Kriss Hatta secara terang-terangan menyebut bahwa ia telah direstui ibu dari kekasihnya itu untuk menikah saat sang anak lulus SMA.

“Kalau saat ini, usia 14 tahun sudah di jenjang SMA berarti ada kemungkinan anak akan dinikahkan pada usia sangat muda, yang belum memenuhi usia minimun dalam UU Perkawinan, yaitu 19 tahun,” tutur Retno Listyarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com