Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Charles III Disebut Berencana Mengasingkan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Kenapa?

Kompas.com - 28/09/2022, 12:33 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Raja Charles III dilaporkan akan mengasingkan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Sebuah sumber yang dekat dengan Charles memberi tahu Daily Beast tentang rencana masa depan apa yang ingin dilakukan Raja dengan putra dan menantunya.

Sumber tersebut menyebut pengunduran diri Edward VIII sebagai preseden menjadi alasan Raja Charles akan mengasingkan putranya.

"Hal yang sama sudah terjadi dengan Harry dan Meghan, dan hanya akan meningkat selama beberapa tahun ke depan di bawah pemerintahan Raja Charles," kata sumber.

Baca juga: Duduk di Belakang Raja Charles Saat Pemakaman Ratu Elizabeth, Meghan Markle dan Pangeran Harry Disorot

"Dan tentu saja, putra kedua yang tidak patuh bukanlah ancaman eksistensial bagi jalinan monarki dibanding raja yang tidak patuh," lanjut sumber itu.

Sumber lain yang sebelumnya bekerja di Istana Buckingham juga mengungkapkan penyusunan penobatan dan bagaimana hal itu akan semakin memicu pengasingan Harry dan Meghan.

Baca juga: Meghan Markle Dikabarkan Minta Bertemu Empat Mata dengan Raja Charles III, Ada Apa?

"Harry dan Meghan akan mendapatkan undangan untuk penobatan, tetapi mereka akan duduk dengan di kursi rendah bersama dengan (Putri) Beatrice dan Eugenie, seperti saat mereka berada di pemakaman," kata sumber itu.

"Charles akan kejam dalam hal melindungi Mahkota, dan itu berarti menjaga Harry dan Meghan sejauh mungkin dari pusat daya tarik," kata mantan staf itu.

Pembaruan pengasingan muncul setelah laporan bahwa Meghan dan Harry masih gelisah dengan Keluarga Kerajaan setelah kematian Ratu Elizabeth.

Pakar kerajaan, Christopher Andersen menjelaskan kegelisahan itu kepada Us Weekly pada 13 September 2022.

"Kami telah melihat itu dalam wawancara baru-baru ini yang diberikan Meghan. Ini akan memakan banyak waktu, saya pikir, bagi mereka untuk mengembalikan semuanya ke tempat semula, dan itu semua menyedihkan," ucap Andersen.

Andersen mengacu pada wawancara terbaru Meghan dengan The Cut di mana dia berbicara tentang batasan yang diberikan The Firm kepadanya sebelum dia dan Pangeran Harry mengundurkan diri dari tugas Keluarga Kerajaan.

"Secara harfiah ada struktur di mana jika Anda ingin merilis foto anak Anda, sebagai anggota keluarga, Anda harus terlebih dahulu memberikannya kepada Royal Rota," kata alumnus The Suits menjelaskan tentang pers Inggris.

Harry dan Meghan meninggalkan tugas kerajaan mereka pada tahun 2020 dan kemudian pindah ke California.

Meskipun mereka telah tampil di berbagai acara Inggris seperti pemakaman Pangeran Philip dan Ratu Platinum Jubilee, mereka masih memiliki hubungan maju mundur dengan kerajaan.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa saat, Duke dan Duchess of Sussex tampil di depan umum bersama Pangeran William dan Kate Middleton tepat setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Istana Kensington mengatakan William mengundang saudara laki-laki dan perempuan iparnya untuk bergabung dengannya dan Kate.

Pasangan yang mengenakan pakaian serba hitam itu memandangi bunga dan pesan dukungan untuk Ratu dan keluarganya dengan penuh kasih.

"Kami semua sangat berterima kasih, kedua belah pihak mengesampingkan semua hal untuk Ratu," kata seorang sumber Kerajaan kepada Page Six.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com