Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Dewi Lestari Saat Reza Gunawan Terkena Covid-19 hingga Buat Lagu Sebelum Meninggal

Kompas.com - 18/09/2022, 11:14 WIB
Vincentius Mario,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa tanda yang dirasakan penyanyi dan penulis Dewi "Dee" Lestari sebelum suaminya, Reza Gunawan, meninggal dunia.

Diketahui, Reza mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (6/9/2022) setelah sebelumnya dirawat akibat serangan stroke dan pendarahan otak.

Tanda pertama yang dirasakan Dewi Lestari terungkap pada 2019 lalu, ketika Reza menyanyikan “L’Ultima Notte” dari Josh Groban.

Baca juga: Tangis Pilu Dewi Lestari di Upacara Tutup Peti dan Kremasi Reza Gunawan

"Januari 2019. Di hadapan para peserta workshop vokal yang dia ikuti di Bali, secara terbuka Reza bercerita alasannya memilih lagu 'L’Ultima Notte' dari Josh Groban. Lagu sendu tentang malam terakhir bersama orang tercinta," tulis Dewi dikutip dari akun @deelestari, Minggu (18/9/2022).

Saat itu, Dewi mengatakan, Reza blak-blakan bahwa waktunya sudah tak banyak.

"Reza, yang biasanya sangat menjaga privasinya, saat itu dengan gamblang mencurahkan perasaan. Reza bilang, dirinya tak punya banyak waktu lagi, karena itulah ia merasa terhubung dengan lagu 'L’Ultima Notte'," lanjut Dewi.

Penyanyi Dewi Lestari dan keluarga usai peti jenazah Reza Gunawan ditutup di rumah duka Grand Heaven Pluit, Jakarta Utara, Kamis (8/9/2022). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Penyanyi Dewi Lestari dan keluarga usai peti jenazah Reza Gunawan ditutup di rumah duka Grand Heaven Pluit, Jakarta Utara, Kamis (8/9/2022).

Selanjutnya, pada Juli 2020, Reza sempat menulis dan merilis lagu berjudul "Selalu di Sini".

Baca juga: Kagum Sosok Reza Gunawan, Dewi Lestari: Dia Ubah Hidup Banyak Orang

"Juli 2020. Reza menulis lagu 'Selalu di Sini'. Lagu itu awalnya tidak ingin ia publikasi. Ia menciptakannya hanya untuk saya dan anak-anak. Namun, setelah menggarap aransemennya secara serius bersama @ifa_fachir, lagu tersebut menjelma indah," tulis Dewi.

"Reza merasa sayang jika lagu tersebut tidak dibagi. Pelan-pelan ia mengirimkannya ke para sahabat dekat sebagai tanda mata. Hingga akhirnya, pada ultahnya 21 Januari 2022, ia memutuskan merilis 'Selalu di Sini' ke publik," lanjutnya.

Pada Februari 2022, Reza Gunawan sempat terpapar virus corona.

Usai dinyatakan sembuh, Reza mengatakan kepada Dewi bahwa kesembuhannya adalah bonus dari Tuhan.

"Februari 2022. Reza kena Covid hingga sempat dirawat di ICU. Setelah sembuh, kesehatannya perlahan pulih hingga mencapai kondisi yang bahkan lebih baik ketimbang sebelum sakit. Namun, ia pun bilang, 'Saya bisa lolos dari Covid itu keajaiban. Sekarang saya hidup dengan waktu pinjaman. Bonus time'," tulis Dewi.

Tanda tersebut kemudian berlanjut ketika dua hari sebelum Reza terkena stroke.

Baca juga: Kronologi Reza Gunawan Meninggal Dunia

"21 Juli 2022. Saya tergerak menulis sebuah lagu. Judulnya 'Berduka'. Dua hari sebelum stroke, Reza sempat merekam demo kasarnya. Ia terenyuh dan suka sekali lagu itu. Katanya, 'Lagu ini harus kamu yang nyanyikan sendiri. Lagu kamu sama lagu saya kayak sahut-sahutan'," tulis Dewi.

Dewi Lestari menyimpulkan, tanda kematian suaminya sangat terang dan bertaburan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com