Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baim Wong Panen Kritikan Usai Kunjungi Bocah SD Viral dengan Rambut Kutuan, Kenapa?

Kompas.com - 05/09/2022, 19:09 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Nama YouTuber Baim Wong mendadak ramai di media sosial usai mengunggah video dirinya sedang mengunjungi bocah SD yang viral karena memiliki banyak kutu di rambutnya.

Diketahui sebelumnya sempat viral video di media sosial seorang siswi Sekolah Dasar yang rambutnya sedang disisir oleh salah satu guru.

Tampak banyak kutu yang jatuh dari rambut bocah SD itu. Guru SD itu kemudian juga terlihat memotong pendek rambut siswinya.

Baca juga: Baim Wong Kini Lebih Hati-hati Lihat Sesuatu Hal yang Viral di Media Sosial

Merasa simpati pada anak tersebut, Baim memutuskan untuk mendatangi sekolahnya.

Bertemu dengan guru yang menyisir rambut siswi kelas 4 SD itu, Baim kemudian mendengar cerita bagaimana video itu akhirnya diunggah ke media sosial.

"Anak ini rambutnya basah, terus kelihatan kutunya keluar, selesai ngaji tak suruh berjemur, terus tak belike kapur ajaib itu," kata Ibu Ning, guru SD di tempat bocah itu bersekolah, bercerita pada Baim.

"Dia enggak garuk (kepala), cuma kutunya jalan sendiri," lanjutnya.

Guru itu juga bercerita, bahwa sebelum memotong rambut siswinya menjadi pendek, dia telah lebih dulu meminta izin pada anak tersebut.

Baca juga: Unggah Video Bocah yang Penuh Kutu, Baim Wong: Saya Ingin Influence Orang

Bahkan disebutkan oleh guru tersebut, ibu dari anak itu justru merasa berterima kasih karena guru di sana telah memperhatikan anaknya.

Usai mendengar cerita dari guru yang menyisir rambut anak itu, Baim kemudian menawarkan untuk memberikan hadiah untuk anak yang diketahui bernama Tamara itu. 

Kehadiran Baim di sekolah itu mendapat sambutan antusias baik dari masyarakat maupun guru-guru yang ada di sana.

Tapi sayangnya, setelah video tersebut diunggah di channel YouTube Baim Paula, banyak netizen yang mengkritik sikap Baim.

"Baim wong bisakah kamu berhenti meromantisasi orang miskin untuk kontenmu sebentar?," tulis @cabetwit.

"Baim Wong awalnya keren sebagai aktor berbakat, sebelum mengekspos kemiskinan orang sebagai sumber adsense," tulis @Hottbowls.

"Kalau liat TikToknya, gurunya pinter banget milih angle supaya muka anak ini tidak terekpos. Bahkan namanya saja tidak disebut. Identitasnya disembunyikan dengan baik supaya terhindar dari malu. Tapi kemudian Baim Wong datang…," tulis @riyanwahyudi.

"Dulu pernah ngikutin konten Baim Wong karena menurutku dia bisa jadi panutan buat selalu beramal, tapi makin kesini kok makin kesana. akhirnya enggak lagi," tulis @yukeeekato.

Mengenai tindakannya mencari anak itu sendiri sebelumnya sudah sempat dijelaskan oleh Baim. 

Baim mengaku mengunggah hal tersebut karena ingin memberikan pengaruh kepada banyak orang.

"Tapi digarisbawahi ya, bukan sesuatu hal yang viral saja. Saya takut ada salah pengertian," kata Baim Wong saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com