Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Sutradara Hadirkan Proyek Piknik Pesona, Usung Budaya Lokal Indonesia

Kompas.com - 04/09/2022, 22:04 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Piknik Pesona merupakan sebuah antologi 10 film pendek yang juga menggandeng 10 sutradara di dalamnya dengan menyajikan kisah seluruh Indonesia.

Piknik Pesona akan menghadirkan sajian keberagaman budaya Indonesia dari sudut pandang genre film pendek yang diusung.

"Kami mau bicara soal Indonesia sih, tapi dari sisi yang berbeda saja. Banyak kota di Indonesia dengan ragam budaya dan ceritanya juga fiksi bukan dokumentari. Itu kan lokalitasnya kuat ya," kata Lukman Sardi selaku Head of Creative Original Production Vision Pictures di kawasan Kebon Sirih Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Baca juga: Pujian Sutradara Lee Hwan Kyung untuk Miracle in Cell No 7 Versi Indonesia

"Kalau lihat piknik kan identik dengan jalan-jalan, tapi enggak cuma itu, kita bisa mempelajari sesuatu," tambah Lukman Sardi.

Kesepuluh film pendek Piknik Pesona ialah (s)Aya karya sutradara Aditya Ahmad. Film ini menampilkan Lutesha. Lalu ada Bakmi Bangka Heri karya sutradara Winnie Benjamin, yang menampilkan Brigitta Cynthia.

Evakuasi Mama Emola karya sutradara Anggun Priambodo bakal menampilkan sosok Ricky Malau dan Siti Fauziah. Lanjut dengan proyek Gedang Renteng karya sutradara Gianni Fajri. Nantinya menampilkan aktris Shenina Cinnamon dan Fathia Izzati.

Baca juga: Film-film Karya Sutradara Andibachtiar Yusuf

Golden Age karya sutradara M Reza Fahriyansyah, lalu Jus Nanas Kue Lapis karya sutradara Ariani Darmawan, Marsiti dan Sapi Sapi karya sutradara Wisnu Surya Pratama.

Tak hanya sampai di situ, adapula film Pecel Kronikel karya sutradara Gugun Arief, Percakapan Kecil karya sutradara Tumpal Tampubolon, dan terakhir Uma de Raffa karya sutradara Abe.

Sementara itu, untuk Evakuasi Mama Emola atau dalam judul internasional Evacuation of Mama Emola mendapatkan penghargaan Jury Prize for Best Short Film di Sundance Film Festival Asia 2022 yang merupakan penghargaan untuk kompetisi program Asia Short Film Competition.

Baca juga: Tampar Kru, Andibachtiar Yusuf Dikeluarkan dari Asosiasi Sutradara Film Indonesia

Selain itu, dua film pendek di Piknik Pesona lainnya, (s)Aya dan Bakmi Bangka Heri atau A Trip to Bangka juga berkompetisi di program Asia Short Film Competition di Sundance Film Festival Asia 2022.

Piknik Pesona merupakan kerja sama antara Vision+ dan Palari Film. Kesepuluh proyek film pendek itu rencananya bakal tayang di Vision+.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Vision+ untuk mengumumkan proyek terbaru kami, Piknik Pesona, yang bekerja sama dengan Palari Films dan sepuluh sutradara berbakat dari seluruh Indonesia," ucap Clarissa Tanoesoedibjo sebagai Managing Director Vision+.

"Ini merupakan suatu hal yang baru bagi Vision+, di mana film pendek yang menjadi bagian original series kami ini, diharapkan dapat dipentaskan ke festival film internasional,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com