Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk RSJ di Amerika Serikat karena Laporan Sahabat, Marshanda Sampai Ditagih Rp 298 Juta

Kompas.com - 05/08/2022, 22:01 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sempat dikabarkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat, Marshanda ungkap dirinya dimasukkan ke rumah sakit jiwa selama hampir dua minggu setelah sahabatnya, Sheila Salsabila, melaporkan dirinya hilang.

Semua berawal dari Marshanda yang sengaja meninggalkan handphone di hotel tempatnya menginap karena ingin menikmati me time di pantai yang terletak tak jauh dari penginapannya.

Selama meninggalkan handphone dan pergi ke pantai, Sheila menghubunginya sebanyak tujuh kali dan tidak mendapat jawaban.

Karena panik, Sheila kemudian melaporkan hilangnya Marshanda, padahal menurut penuturan Marshanda, dirinya baru pergi selama dua jam.

"Dia panic attack karena gue enggak bisa ditemuin, dia ngelaporin gue ke 911," kata Marshanda dikutip dari YouTube Marshed.

Baca juga: Bantah Hilang di Amerika Serikat, Marshanda Ungkap Cerita Dilaporkan Sahabat ke 911 Berujung RSJ

Saat Marshanda sedang berusaha pulang ke penginapan, dirinya justru didatangi ambulans.

"Datanglah ambulans, ngejemput gue dan ambulans itu yang nelepon Sheila atau David (suami Sheila)," ujar Marshanda.

Sempat terjadi kebingungan antara Marshanda dan petugas medis, akhirnya artis yang akrab disapa Caca itu dibawa ke rumah sakit jiwa. Ini dilakukan setelah 911 melihat ada daftar obat-obatan bipolar di handphone Marshanda.

"Mereka menahan gue di sana dari 27 Juni sampai 11 Juli di mental health facility," kata Marshanda.

Baca juga: Bantah Tidak Minum Obat Selama di Amerika, Marshanda: Gue Enggak Melalaikan Gitu Aja

"Dan Sheila sama David enggak say sorry. Terus gue kayak ditagih 20.000 dolar (sekitar Rp 298 juta) lebih sama rumah sakit itu," lanjutnya.

Atas tindakan sahabatnya itu, Marshanda merasa dirugikan, terlebih keduanya juga tidak menunjukkan rasa tanggung jawab atas tindakan mereka.

"Itu bukan tanggung jawab gue, dan Sheila sama David enggak mau bertanggung jawab dengan itu," ucap Marshanda.

Setelah mengalami kejadian yang merusak liburannya bahkan membuat sejumlah agenda webinar-nya dibatalkan, Marshanda mengaku kini tak lagi berteman dengan keduanya.

"Gue sekarang mempraktekkan memaafkan, compassion buat Sheila sama David," ucap Marshanda.

"Tapi memaafkan dan compassion-nya gue (dengan) enggak berteman lagi sama mereka, untuk sekarang," tuturnya. 

Sebagai informasi, kabar hilangnya Marshanda pertama kali dibagikan oleh sahabatnya, Sheila Salsabila melalui unggahan Instagram Story pada 27 Juni 2022. 

"Warga Indonesia hilang di Los Angeles, California, AS. Dia tengah berada dalam Manic Episode (Psikosis: Keadaan pikiran yang berubah-ubah - gangguan bipolar)," tulis Sheila. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com