Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Tak Berpenghuni 15 Tahun, Rusun Tempat Syuting Pengabdi Setan 2 Ada yang Tinggali

Kompas.com - 04/08/2022, 17:53 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Rumah susun sederhana milik (rusunami) yang dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion disebut sudah tak berpenghuni selama 15 tahun.

Hal tersebut pertama kali diungkapkan oleh aktris Tara Basro atau pemeran Rini dalam film Pengabdi Setan: 2 Communion.

"Ini setnya berbeda banget dari set Pengabdi Setan pertama. Untuk set kali ini, kami syuting di rusun yang tidak ditinggali selama 15 tahun," ujar Tara Basro saat pemutaran trailer film Pengabdi Setan 2 di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, pada 16 Juni 2022.

Kompas.com lantas mencoba untuk menelusuri keberadaan rusun yang berlokasi di belakang Pasar Sumber Arta, Bekasi Barat tersebut.

Baca juga: Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Ternyata Dulu Program 1.000 Tower

Begitu tiba di lokasi, bangunan rusun 15 lantai tersebut memang terlihat tua dan belum selesai di bangun.

Koordinator keamanan Pasar Sumber Arta, Slamet menuturkan, ada perajin bingkai yang sudah menjadikan rusun itu tempat bekerja sejak lima tahun terakhir.

"Itu mereka tinggal di situ, di lantai 2, tapi sebagian sudah ada yang ikut bosnya," kata Slamet saat ditemui di rusunami, Kamis (4/8/2022).

Selain itu, pria yang sudah bertugas sejak 2007 itu mengatakan bahwa beberapa ruangan diisi oleh pedagang Pasar Sumber Arta yang memang tinggal di lantai 2 rusunami.

Baca juga: Mengintip Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion

Selebihnya, untuk lorong seperti yang digambarkan dalam film Pengabdi Setan 2: Communion, memang tidak terisi hingga lantai 15.

"Ada, itu di bawah ada pekerja bingkai. Terus, ada yang tempati di lantai 2. Enggak tahu, kenapa dia berani di situ. Kalau sekarang kan sudah banyak warung, kalau waktu itu kan belum ada," tutur Slamet.

Pada siang hari, pencahayaan rusunami hanya mengandalkan sinar matahari yang masuk ke sela-sela jendela serta ventilasi kamar.

Namun, beberapa ruangan yang ditempati, tentunya menggunakan listrik.

Walau begitu, ini tidak seperti rusunami pada umumnya yang penuh dengan warna. Tembok, lantai hingga sisi bangunan dominan hanya dipoles dengan aci semen saja.

Tempat perajin bingkai bekerja di rusunami yang dijadikan lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion.KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Tempat perajin bingkai bekerja di rusunami yang dijadikan lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion.

Baca juga: Joko Anwar Cerita Gagasan dan Proses Syuting di Rusun untuk Pengabdi Setan 2: Communion

Lokasi tersebut rupanya rusunami yang sempat dicanangkan sebagai program 1.000 tower di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebagai informasi, SBY dijadwalkan merilis pembangunan 10 rusunami di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada 29 Maret 2009 untuk mengawali pembangunan 1.000 tower.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com