Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Anwar Ungkap Rahasia Bikin Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Seram

Kompas.com - 03/08/2022, 13:05 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar mengungkapkan rahasia yang ia terapkan saat membuat Pengabdi Setan 2: Communion terasa lebih menyeramkan.

Satu hal yang dilakukan Joko Anwar adalah membuat penonton peduli pada setiap karakter di Pengabdi Setan 2: Communion.

“Sebenarnya, rahasia untuk membuat film horor yang mengerikan itu, yang menakutkan itu, satu, membuat penonton peduli dengan karakternya. Ini sering dilupakan oleh pembuat film horor,” ucap Joko Anwar dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Joko Anwar Persiapkan Pengabdi Setan 2: Communion Selama 3 Tahun

“Kita akan merasa takut kalau misalnya karakter tersebut kenapa-kenapa. Kalau kita enggak khawatir, karakternya tidak akan terkena bahaya, itu enggak akan menakutkan. Kita mungkin akan kaget jump scare, itu kaget saja, itu akan berakhir selama 3 detik,” ujar Joko Anwar melanjutkan.

Sebaliknya, jika penonton peduli pada karakter Tari, Dino, Rini, Boni, Ian, dan lain-lain, perasaan takut akan muncul.

“Jadi, yang saya lakukan adalah membuat penonton peduli dengan karakternya dengan cara mendesain skenario karakter dengan membuat orang peduli sama karakter,” tutur Joko Anwar.

Baca juga: Joko Anwar Beri Sinyal untuk Produksi Pengabdi Setan 3

Hal lain yang ia terapkan dalam sekuel Pengabdi Setan ini adalah memberikan peran kepada aktris serta aktor berbakat.

“Dan, memberikannya karakternya tersebut kepada pemain film yang skillfull dan talented. Makanya, saya membutuhkan para pemain yang berbakat dan mereka yang ada di sini adalah orang yang terbaik di Indonesia untuk tampil di depan kamera,” kata Joko Anwar.

Pengabdi Setan 2: Communion ditayangkan di IMAX pada tanggal 30 Juli 2022.

Sekuel film Pengabdi Setan itu dirilis ke bioskop-bioskop umum pada 4 Agustus.

Baca juga: Joko Anwar Ungkap Lokasi Rumah Susun yang Dijadikan Tempat Syuting Pengabdi Setan 2: Communion

Itu menjadikan Pengabdi Setan 2: Communion film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang menjalani DMR (Digital Remastering) dengan teknologi IMAX.

Pemain-pemain lama yang sudah muncul pada film pertama seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egy Fedly, dan Ayu Laksmi, akan kembali memerankan karakter mereka.

Para pemain baru di film Pengabdi Setan 2: Communion itu adalah Muzzaki Ramdhan (Wishu), Fatih Unru (Ari), Ratu Felisha (Tari), Jourdy Pranata (Dino), Kiki Narendra (Ustaz Mahmud), Iqbal Sulaiman (Darto), dan Nazifa Fatiah Rani (Wina).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com