Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sundance Film Festival: Asia 2022 Akan Hadir Secara Offline di Jakarta

Kompas.com - 25/07/2022, 19:27 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sundance Film Festival: Asia mengumumkan daftar film panjang dan rangkaian acara yang akan hadir secara offline di Jakarta pada 25-28 Agustus 2022.

Akan ada tujuh film panjang terpilih dari Sundance Film Festival 2022, terdiri dari empat karya fiksi dan tiga karya nonfiksi yang telah dikurasi oleh tim programming Sundance.

Ketujuh film panjang tersebut merupakan kurasi film independen yang berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Asia Tenggara serta akan diputar pertama kalinya di Indonesia.

Baca juga: Perempuan Tanah Jahanam Bakal Diputar di Sundance Film Festival 2020

Selama festival berlangsung, penonton juga dapat menyaksikan beragam panel diskusi dari pembicara yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Seluruh rangkaian acara Sundance Film Festival: Asia ini akan diadakan di FLIX Cinema, ASHTA District 8, Jakarta Pusat.

Saat ini, tiket sudah dapat dibeli melalui situs resmi FLIX Cinema.

Baca juga: Tak Ada yang Gila di Kota Ini Tembus Sundance Film Festival 2020

Untuk menyambut festival ini, Sundance Film Festival: Asia juga telah menyiapkan sesi Meet and Greet Day yang akan diadakan pada 27 Agustus di ASHTA.

Acara tersebut akan mengundang para pecinta film untuk berinteraksi langsung dengan sutradara, filmmakers, dan tentunya para pengelola program Sundance Film Festival.

Rangkaian diskusi panel dengan sejumlah bintang tamu spesial dan juga acara networking memberi kesempatan bagi para tamu untuk bertukar ide dan menjalin relasi dengan satu sama lain.

Baca juga: Perempuan Tanah Jahanam Disambut Meriah di Sundance, Joko Anwar: Very Magical

Pada kesempatan ini, Sundance Film Festival: Asia juga bertujuan memberi kesempatan kepada filmmakers Indonesia untuk menampilkan karya mereka melalui Sundance Film Festival: Asia Short Film Competition yang disponsori oleh Argo.

"Kesempatan untuk bekerja sama lebih dekat dengan komunitas filmmaker dan penonton di Indonesia melalui kolaborasi dengan XRM Media menjadikan tahun pertama Sundance Film Festival: Asia penuh dengan prospek yang sangat menarik,” ungkap Joana Vicente, CEO Sundance Institute, dalam siaran pers.

Setelah mengkurasi lebih dari 100 karya yang sudah masuk, ada tujuh finalis yang akhirnya terpilih.

Terdiri dari The Archipelago (Azalia Muchransyah & Firman Wijasmara), A Trip to Bangka (Winnie Benjamin), Aya (Aditya Ahmad), Evacuation of Mama Emola (Anggun Priambodo), Ride to Nowhere (Khozy Rizal), Science Around Us (ARIV), dan Shallots and Garlic (Andrea Nirmala Widjajanto).

Pemenang penghargaan Jury Award for Best Short Film pada Sundance Film Festival: Asia Short Film Competition akan diumumkan di hari pembukaan.

Tahun lalu, dua film dari ajang kompetisi film pendek ini mendapatkan kesempatan untuk ditampilkan pada Sundance Film Festival 2022 di Amerika Serikat.

“Kami senang dapat menghadirkan Sundance Film Festival: Asia pertama kalinya secara offline di Jakarta. Acara ini sejalan dengan semangat independensi yang dibawa Sundance Film Festival," ujar Kim Yutani, Director of Programming Sundance Film Festival.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com