Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eventori Stage di Prambanan Jazz Festival 2022, Buka Akses Bagi Talenta Lokal ke Panggung Internasional

Kompas.com - 08/07/2022, 11:12 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu sisi menarik dari gelaran Prambanan Jazz Festival 2022 yang baru usai bergulir adalah adanya sebuah panggung kecil yang disiapkan oleh Eventori.

Panggung tersebut bernama Eventori Stage. Eventori Stage menampilkan banyak talenta lokal dan pendatang baru di gelaran PJF 2022.

Selama tiga hari festival, belasan talenta unjuk kemampuan di panggung yang berada di area Prambanan Jazz Festival Main Stage itu.

Baca juga: Intip Lineup Prambanan Jazz Hari Terakhir, Kahitna dan Tulus Tampil Lagi

Selain itu, para musisi senior Tanah Air juga meluangkan waktu untuk berbincang dan berbagi inspirasi mengenai dunia musik yang mereka pilih sebagai jalan hidup.

Mereka adalah Yovie Widianto bersama Kahitna, Dere, Andien, Piyu Padi Reborn, hingga Tompi dan Sandhy Sondoro.

Penampil utama talenta lokal di panggung ini adalah Sintha Alang, pemenang season pertama “The Next Vibes”.

Baca juga: Serba Serbi Hari Kedua Prambanan Jazz Festival 2022, Dere Gugup hingga Tulus Bikin Penonton Karaoke Bersama

Dalam penampilannya, Shinta membawakan lagu “Mau Dibawa Ke Mana” milik Armada, “Salah” milik Melly Goeslaw, dan “Kangen” karya dari Dewa 19.

Tampil di Prambanan Jazz Festival adalah kesempatan yang luar biasa bagi Shinta karena bisa bertemu dan sepanggung dengan musisi-musisi lain.

“Enggak salah ini aku yang disuruh nyanyi ini? Apalagi sepanggung dengan Stevan Pasaribu! Wah, banyak banget musisi yang satu panggung bareng aku, kayak unexpected dan aku seneng banget,” ujar Sintha lewat siaran pers, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Ketika Padi Reborn Ngejazz di Prambanan Jazz Festival 2022

Selain Sintha, Eventori menghadirkan dua talenta lokal, yakni Gabriela Fernandez asal Yogya dan Lourentia Kinkin asal Magelang.

Gabriela tampil dengan gitar akustik, menyuguhkan permainan looping, yaitu merekam permainannya secara live dan hasil rekamannya itu menjadi satu kesatuan.

Sementara itu, Lourentia melihat tantangan untuknya agar bisa tampil maksimal dengan set minimalis.

Baca juga: Mantra Mantra Kunto Aji di Prambanan Jazz Festival 2022

“Aku senang bisa join di Eventori Stage di Prambanan Jazz Festival 2022. Aku sampai ada waktu latihan tambahan sebanyak dua kali sebelum manggung karena aku akan tampil dengan set minimalis. Biasanya kan aku bawa keyboardist segala macem,” ucap Kinkin.

Selain penyanyi di atas, ada juga Adlani Rambe, Shakira Jasmine, White Chorus, Bemandry, Stevan Pasaribu, dan Maizura.

CEO Eventori Vikri Ardiansyah menjelaskan bahwa “Eventori Stage” merupakan perwujudan visi Eventori untuk menjadi platform kolaborasi industri hiburan terbesar di Indonesia.

Baca juga: Lagu Hati-Hati di Jalan Tulus Bangkitkan Animo Penonton Prambanan Jazz

“Kami ingin menjadi jalan raya bagi banyak talenta lokal yang tersebar di seluruh Tanah Air namun belum mendapat akses atau peluang tampil di panggung yang lebih besar. Semoga beberapa tahun lagi, mereka bisa tampil di panggung-panggung utama, termasuk di panggung utama Prambanan Jazz Festival ini,” tutur Vikri.

Diketahui, setelah absen selama dua tahun, Prambanan Jazz Festival kembali dilaksanakan pada 1-3 Juli 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com