Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegaran Denada Saksikan Anaknya Jalani Berbagai Kemoterapi Leukemia

Kompas.com - 23/06/2022, 13:44 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendampingi Aisha yang menjalani kemoterapi kanker darah selama tiga tahun terakhir merupakan masa-masa yang sulit bagi penyanyi Denada sebagai seorang ibu.

Sebab, Denada menyaksikan langsung ketika anak semata wayangnya itu menjalani berbagai macam perawatan demi sembuh dari kanker darah atau leukemia.

"Saya menyaksikan bagaimana Aisha menjalani semua treatment, suntik, surgery, chemotherapy, bagaimana dia sampai rontok semua rambutnya, keluar masuk rumah sakit karena drop kondisinya, bolak-balik transfusi darah, itu semua berat sekali untuk kami jalani," kata Denada saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Denada Menangis di Pelukan Dokter, Masih Tidak Percaya Kemoterapi Kanker Darah Anaknya Telah Berakhir

Kendati demikian, hal tersebut membuat Denada belajar banyak hal, salah satu yang terpenting adalah bersyukur kepada Tuhan.

Pemilik nama lahir Denada Elizabeth Anggia Ayu Tambunan itu kemudian menceritakan bagaimana menjalani hari demi hari.

"Saya menjalani hari-hari itu betul-betul satu demi satu. Mensyukuri setiap hal kebaikan yang terjadi di hari itu dulu. Alhamdulillah dulu untuk hari ini. Bismillah untuk esok hari. Seperti itu saja setiap hari," ungkap Denada.

Baca juga: Denada Jelaskan Kondisi Aisha yang Makin Membaik Setelah Selesaikan Kemoterapi Kanker Darah

Ketika Aisha sudah melewati jadwal kemoterapi dengan segala tantangannya, Denada langsung mengucap syukur pada hari itu juga.

Untuk keesokan harinya saat efek samping kemoterapi mulai terasa pada Aisha, Denada pun kembali berdoa agar anaknya diberikan kekuatan untuk menjalani ini.

"Nanti jadwal chemotherapy berikutnya, bismillah lagi. Enggak pernah berhenti berdoa dan memohon kepada Allah untuk kesembuhan dan kesehatan Aisha," tutur Denada.

Baca juga: Terpisah Jakarta-Singapura Saat Imlek, Denada Ungkap Anaknya Sempat Jengkel

Saat mendengar dari dokter bahwa Aisha bakal menjalani kemoterapi terakhir, Denada seperti tidak percaya dan langsung menangis.

"Karena saya lihat sendiri anak saya melewati masa hampir 3 tahun itu menjalani chemotherapy, Masya Allah, betul-betul luar biasa, tidak mudah," ucap Denada.

"Jadi kalau ditanya, tentunya, saya bersyukur sekali kepada Allah bahwa Aisha sudah menyelesaikan semua protokol chemotherapy-nya. Sangat amat bersyukur," ujar Denada melanjutkan.

Baca juga: Denada Ucap Syukur, Kemoterapi Kanker Darah Anaknya Telah Selesai

Dengan begitu, Denada mengucapkan terima kasih kepada segala pihak yang sudah mendoakan untuk kesembuhan Aisha.

Meski Aisha sudah menyelesaikan kemoterapi, Denada mengatakan buah hatinya itu masih dalam pengawasan dokter tentang reaksi tubuh Aisha ketika sudah tidak lagi kemoterapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com