Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bene Dion Jelaskan Arti Judul Film Ngeri-Ngeri Sedap

Kompas.com - 25/05/2022, 17:23 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Bene Dion Rajagukguk menjelaskan arti dan sejarah dari judul film terbarunya, Ngeri-Ngeri Sedap.

Sebelum meresmikan istilah tersebut sebagai judulnya, Bene mengaku sempat melakukan riset kecil-kecilan soal kemunculan Ngeri-Ngeri Sedap.

Istilah tersebut rupanya sudah muncul dan ramai dipakai di Sumatera Utara sejak era 1970-an.

Ngeri-Ngeri Sedap mulai populer secara nasional karena politisi Sutan Bhatoegana kerap mengucapkannya dalam wawancara bersama televisi.

Baca juga: 6 Fakta di Balik Pembuatan Film Ngeri Ngeri Sedap

"Ketika diwawancarai di televisi-televisi dia selalu menggunakan itu sehingga frasa itu menjadi nasional," kata Bene dalam konferensi pers film Ngeri-Ngeri Sedap di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Rabu (25/5/2022).

Namun saat ditelusuri lebih jauh, istilah Ngeri-Ngeri Sedap ternyata sering digunakan oleh para pencuri.

"Menurut sejarah konon ceritanya Ngeri-Ngeri Sedap ini istilah yang digunakan oleh maling, pencuri, atau copet. Jadi kalau ditanya, 'kayak mana kemaren? Ngeri-ngeri kali tapi ujungnya sedap," kata Bene.

Makna dari istilah itu ternyata juga cocok dengan isi dari cerita yang diangkat dan harapan Bene Dion untuk film barunya.

Baca juga: Main Film Ngeri Ngeri Sedap, Arswendi Nasution Jadi Bapak yang Pegang Teguh Adat Batak

"Kayaknya memang secara cerita banyak sekali unsur mengerikan yang dilakukan terutama oleh orangtua dan apa yang dibawa pulang setelah menonton adalah sesuatu yang kami harapkan sedap," kata Bene.

Ngeri-Ngeri Sedap sendiri dibintangi Arswendi Bening Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir, Indra Jegel, Lolox, dan Gita Chabita.

Film dari Visionari ini akan mulai tayang di bioskop-bioskop pada 2 Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com