Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Seharga Hampir Rp 66 Miliar

Kompas.com - 23/05/2022, 13:01 WIB
Vincentius Mario,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

Sumber Variety

KOMPAS.com - Gitar listrik Fender Mustang milik mediang Kurt Cobain kini telah menemui pemilik barunya usai dilelang di Julien's Auctions pada Minggu (22/5/2022).

Gitar tersebut diketahui menandai karya Kurt Cobain dari video musik penting Nirvana pada 1991, yakni single "Smells Like Teen Spirit".

Jim Irsay Collection of Indianapolis memenangkan perang lelang gitar tersebut di antara kolektor dari seluruh dunia yang berpartisipasi dalam lelang online melalui telepon tersebut.

Gitar milik Kurt Cobain tersebut terjual dengan harga sekitar 4,5 juta dolar AS atau hampir setara dengan Rp 66 miliar, jauh melebihi perkiraan semula sebesar 600.000 dolar AS atau setara dengan Rp 8,7 miliar.

Baca juga: Gitar Ikonik Kurt Cobain Segera di Lelang

Dilansir dari Variety, Senin (23/5/2022), dalam wawancara terakhirnya dengan Guitar World, Kurt Cobain sempat mengomentari gitar Fender Mustang buatan 1969 tersebut.

Cobain mengaku cocok dengan gitar tersebut dan menyebutnya sebagai salah satu gitar favoritnya.

“Saya kidal. Tidak terlalu mudah menemukan gitar kidal dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi. Tapi, dari semua gitar di seluruh dunia, Fender Mustang adalah favorit saya. Saya hanya memiliki dua," kata Kurt Cobain saat itu.

Gitar tersebut juga digunakan di studio selama sesi rekaman untuk album Nevermind dan In Utero, serta berbagai pertunjukan live Nirvana.

Baca juga: Matt Reeves Sebut Batman Versi Robert Pattinson Terinspirasi dari Kurt Cobain

Sebelumnya, gitar tersebut ditampilkan dalam Seattle’s Experience Music Project, yang kini bernama Museum Budaya Pop MoPOP dan dipilih sebagai koleksi gitar bergengsi.

Untuk mendukung Mental Health Awareness Month, keluarga Kurt Cobain menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan gitar dan barang-barang milik sang bintang lainnya kepada Kicking The Stigma.

Barang Memorabilia Kurt Cobain Barang Memorabilia Kurt Cobain

Gerakan tersebut berisi inisiatif meningkatkan kesadaran tentang gangguan kesehatan mental dan menghilangkan stigma yang terkait dengan isu tersebut.

“Gitar legendaris ini adalah salah satu gitar Kurt Cobain yang paling berharga dalam budaya dan sejarah musik rock. Saya senang gitar ini akhirnya kembali ke negara bagian asal saya di Indiana untuk menjadi bagian dari koleksi Jim Irsay. Suatu kehormatan besar,” ujar Darren Julien, CEO Julien's Auctions.

Baca juga: Diam-diam, Rumah Tempat Kurt Cobain Bunuh Diri Terjual Rp 101 Miliar

“Lelang ini telah menjadi salah satu yang istimewa dalam karier profesional saya dan saya sangat senang bahwa hasilnya juga akan digunakan untuk kesadaran kesehatan mental," lanjutnya.

Ketika Nirvana booming lewat "Smells Like Teen Spirit" pada 1991, Kurt Cobain mungkin tidak tahu jenis pergeseran apa yang telah mereka tawarkan ke dunia musik.

Padahal, lagu tersebut adalah penanda budaya dalam sejarah era grunge alternatif tahun 1990-an dan menjadi salah satu lagu dan video musik paling ikonik sepanjang masa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com