Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Lama Ariel NOAH Bicara Musisi Cover: Karya Itu Kayak Anak sendiri

Kompas.com - 28/04/2022, 13:02 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Video lama Ariel yang sedang berbicara tentang musisi cover mendadak ramai beredar di media sosial. 

Pembicaraan Ariel itu kembali viral setelah sebelumnya sempat ramai Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang dinilai melecehkan Andika Kangen band saat meng-cover lagu milik Kangen band.

Dalam versi lengkap yang merupakan bagian dari konten YouTube Dunia Manji, Ariel memberi tanggapan tentang banyaknya musisi cover saat ini. 

"Ada yang beranggapan asal minta izin orangnya (pencipta lagunya), bilang boleh, berarti keuntungan semua buat dia, enggak bisa begitu, ada aturannya," kata Ariel dikutip dari YouTube Dunia Manji.

Baca juga: Jadi Juri Tamu MasterChef Indonesia, Ariel NOAH Disebut Mirip Chef Juna

Lebih lanjut Ariel mengatakan, sudah seharusnya orang yang ingin meng-cover lagu milik musisi lain meminta izin dan biasanya melalui publisher.

"Memang aturannya harus ngomong dulu," ucap Ariel.

"Ngomong sebenarnya jangan ke penciptanya ya, karena zaman sekarang penciptanya udah punya publisher sebagai perwakilannya," lanjut Ariel.

Hal ini perlu dilakukan, karena setiap musisi memiliki pemikiran yang berbeda terhadap lagu yang mereka ciptakan.

Karena ada musisi yang mengizinkan lagunya dicover, diparodikan, sementara itu, ada juga musisi yang tidak ingin karyanya diubah.

Baca juga: Konser Tri Suaka dan Zinidin Zidan Banyak Dibatalkan, Andika Kangen Band: Setiap Akibat Pasti Ada Sebab

"Karakternya (musisi) beda-beda, ada musisi yang katakanlah bilang 'ya udah enggak apa-apa, pakai aja,' ada juga sensitivitas sebenarnya," ujar Ariel.

"Karena karya itu kayak anak sendiri. Kadang-kadang ada orang yang menjaga karakter, ada juga pencipta lagu yang enggak pengin lagunya didaur ulang oleh orang lain," jelasnya.

Ariel kemudian memberikan contoh ketika dirinya meng-cover lagu "Kala Cinta Menggoda" milik Guruh Soekarnoputra.

Adanya bagian yang mirip sinden dengan bahasa Jawa, sementara Ariel tidak bisa, karena itu dia meminta izin pada Guruh untuk mengubah sedikit bagian tersebut.

Setelah menghubungi Guruh dan diizinkan, akhirnya Ariel membuat sedikit perubahan di bagian tengah lagu.

Dari contoh tersebut Ariel mengingatkan lagi pentingnya meminta izin sebelum meng-cover lagu karya orang lain.

"Intinya, sang pencipta lagu itu punya hak dan dia perlu tahu lagu ciptaan dia mau dibikin kayak gimana, itu pentingnya minta izin dulu kayak begitu," imbuh Ariel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com