Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Java Jazz Festival 2022 Siap Digelar, Usung Tema Blooming Season dan Hadirkan PJ Morton

Kompas.com - 21/04/2022, 09:56 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan musik tahunan terbesar di Jakarta, Java Jazz Festival akan kembali digelar pada tahun ini.

Kembalinya Java Jazz Festival merupakan hal yang dinanti setelah tahun lalu vakum karena kondisi pandemi Covid-19.

Seperti diketahui pada tahun sebelumnya, Java Jazz Festival tidak diselenggarakan karena adanya pandemi Covid-19.

Pada 2022 ini, Java Jazz kembali digelar dengan nama Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival (BNIJJF2022).

Berikut rangkuman Kompas.com terkait Java Jazz Festival 2022.

Baca juga: Sempat Absen 2021, Java Jazz Kini Bakal Kembali Hadir

Digelar 3 hari

Java Jazz Festival 2022 akan digelar secara offline pada 27 hingga 29 Mei 2022 mendatang di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Penyelenggaraan acara musik jazz terbesar ini disambut hangat oleh masyarakat.

Dengan hadirnya kembali Java Jazz Festival, Direktur utama Java Festival Production, Dewi Gontha berharap semakin banyak orang yang jatuh cinta dengan musik jazz dan genre musik turunannya seperti R&B, soul, funk, dan jenis musik lainnya.

Hadirkan musisi asing

Dewi mengatakan, ia dan tim berusaha semaksimal mungkin bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempersiapkan Java Jazz Festival tahun ini.

Dengan banyaknya dukungan, termasuk dari pemerintah, Java Jazz Festival 2022 bisa menghadirkan musisi asing pemenang Grammy Awards 2022, PJ Morton.

"Persiapan tahun ini buat kami durasinya kami coba maksimal dengan dukungan pada sponsor dan pemerintah, kami bisa menghadirkan musisi asing," ujar Dewi Gontha saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Java Jazz Festival 2022 Siap Digelar Mei, PJ Morton Siap Tampil

Selain PJ Morton, Java Jazz Festival 2022 dimeriahkan juga oleh Adikara Fardy, Afgan, Alex Porat, Danilla, Emma Jean-Thackray, Gabe Bondoc, Gangga, Hablot Brown, dan Jarrod Lawson.

Selain itu, ada Jaz, Kahitna, Mikha Angelo, Oslo Ibrahim, RAN, Rendy Pandugo, Rizky Febian, Samm Henshaw, Sivia Azizah, Teddy Adhitya, Yefta, dan Teman Tidur, sampai Yura Yunita.

Usung tema "Blooming Season"

Persiapan dengan matang dilakukan agar dapat menciptakan festival yang berkesan pada masa era new normal ini.

Oleh karenanya, Dewi Gontha mengusung tema yang dijamin dapat menjadikan Java Jazz Festival 2022 sebagai momen paling berharga yang dirasakan penonton.

"Ambience festival yang mengusung Blooming Season sebagai tema dari instalasi seni yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka di festival," kata Dewi Gontha.

Baca juga: Java Jazz Festival 2022 Usung Tema Blooming Season

Bekerja sama dengan pemerintahan

Demi terciptanya festival yang aman bagi penonton, Dewi Gontha mengatakan, sistem pembelian tiket Java Jazz Festival 2022 juga bekerja sama dengan situs PeduliLindungi.

Dewi Gontha berterima kasih kepada Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementrian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Kepolisian yang turut mendukung dan memberikan arahan.

"Semua ini tidak bisa dilaksanakan tanpa dukungan instansi pemerintah yang memberikan kesempatan agar industri ini bisa bergerak kembali," ujar Dewi Gontha.

Baca juga: Line Up Pertama Java Jazz Festival 2022 Diumumkan, Ada Afgan sampai Yura Yunita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com