Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunduran Dirinya Masih Dipertimbangkan Peradi, Hotman Hutapea: Heran Gue

Kompas.com - 19/04/2022, 20:23 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea menanggapi pernyataan Otto Hasibuan yang mempertimbangkan pengunduran dirinya dari Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Otto Hasibuan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Peradi. 

Hotman mengatakan, keluar dari Peradi adalah haknya sebagai advokat.

“(Otto Hasibuan bilang) ‘kami masih mempertimbangkan Hotman mundur.’ Emang lu bapak gue? Emang lu bapak gue. Gue keluar ya suka-suka gue. Heran,” ujar Hotman Paris di kantor Dewan Pengacara Nasional, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Hotman Paris Benarkan Telah Diskors 3 Bulan dari Peradi

Hotman mengatakan, ia berhak pindah ke organisasi Advokat lainnya. Seperti Dewan Pengacara Nasional.

Sebab kata Hotman, walau di Undang-Undang Advokat hanya tertulis satu organisasi advokat, tetapi secara fakta memang organisasi Advokat di Indonesia kini sudah banyak.

“Sejak kapan gue minta izin lu, emang lu siapa? Emang lu organiasi tunggal? Ya kan bukan kan? Enggak ada kaitannya,” kata Hotman.

Hotman kembali menyebutkan salah satu alasannya keluar dari Peradi. Hotman mengaku kesal karena Otto Hasibuan menyinggung bahwa kalau ia melanggar kode etik karena pamer kekayaan.

Baca juga: Hotman Paris Beberkan 4 Alasan Keluar dari Peradi

“Saya marah itu karena waktu dalam acara pelantikan dihadiri banyak orang. (Otto bilang ke Dewan Kehormatan Advokat) agar memeriksa pengacara yang pamer kaya. Dikasih contoh begini. Seolah-olah saya melanggar kode etik,” tutur Hotman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com