Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2022, 11:39 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Festival musik Coachella jadi perbincangan hangat sepanjang akhir pekan.

Bukan lagi karena banyaknya selebriti Indonesia yang datang sebagai penonton Coachella, melainkan karena penampilan tiga musisi Indonesia di panggung festival musik tersebut.

Memiliki nama resmi Coachella Valley Music and Arts Festival, Coachella atau Chella merupakan festival musik dan seni tahunan yang digelar di Empire Polo Club, Indio, California.

Pada dasarnya, Coachella adalah festival musik tahunan raksasa di Indio, California.

Dikutip dari website coachella.com, festival ini pertama kali digelar tahun 1999 di bulan Oktober. Dengan latar panggung pohon palem, matahari terbenam.

Festival ini dimulai ketika band Pearl Jam bertengkar dengan Ticketmaster atas biaya layanan mereka, mengklaim bahwa mereka secara finansial menargetkan penggemar dan artis.

Karena itu, Pearl Jam mulai mencari tempat alternatif untuk tur Vs mereka yang tidak menyertakan Ticketmaster.

Band ini akhirnya menggunakan Empire Polo Grounds di Indio, California, di mana festival tersebut masih diadakan sampai sekarang.

Pada tahun 2012, festival menjadi sangat besar sehingga penyelenggara mengubahnya menjadi festival dengan dua akhir pekan yang terpisah.

Coachella biasa digelar di dua akhir pekan berbeda setiap bulan April tapi dengan tanggal yang hampir selalu berbeda. Biasanya digelar hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Festival ini sempat ditiadakan secara offline pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. 

Meskipun Coachella adalah semua tentang musik, tapi dalam beberapa tahun terakhir festival ini menjadi jauh lebih luas.

Menampilkan instalasi seni dan juga menjadi hotspot mode utama untuk gaya yang terinspirasi bohemian.

Coachella juga hampir selalu dipadati para selebriti, mulai dari artis yang sedang perform hingga bintang yang hanya ingin hang out.

Jadi tak perlu heran ketika melihat banyak selebriti berlalu lalang di festival itu. Mulai dari Justin Bieber, Kendall Jenner, Jared Leto, BLACKPINK, dan masih banyak lainnya.

Sejumlah musisi dunia yang pernah berada di panggung ini dari tahun ke tahun seperti Bjork, M.I.A, Daft Punk, Amy Winehouse, gitaris Pink Floyd Roger Waters, Jay-Z, Dr.Dre & Snoop Dogg, Tame Impala, Kendrick Lamar, Beyonce, hingga BLACKPINK.

Sementara dari Indonesia, diketahui Niki Zefanya merupakan penyanyi perempuan pertama yang tampil di panggung tersebut. Selain itu juga ada Rich Brian, Warren Hue.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com