Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2022, 11:54 WIB
Revi C. Rantung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa penamparan komedian Chris Rock oleh aktor Will Smith berbuntut panjang.

Will Smith akhirnya mengundurkan diri dari keanggotaannya di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, seperti dilansir People, Sabtu (2/4/2022).

“Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya sepenuhnya menerima setiap dan konsekuensi atas perilaku saya," kata Will Smith dalam pernyataan resmi seperti dikutip People.

Baca juga: Pertemuan Petinggi Academy dengan Will Smith dan Penjelasan Produser Oscar 2022

"Tindakan saya pada Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan,” lanjut bintang film King Richard tersebut.

Aktor berusia 53 tahun itu mengatakan banyak orang yang tersakiti karena tindakannya.

“Daftar orang-orang yang saya sakiti sangat panjang, termasuk Chris, keluarganya, teman-teman dan orang-orang terkasih saya, semua yang hadir, dan penonton di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Academy,” tambah Smith.

Baca juga: [POPULER HYPE] Polisi Siap Tangkap Will Smith | Kapten Vincent Dilaporkan | Janji Hyun Bin

Aktor Terbaik Oscar 2022 itu menambahkan dia sangat menyesali tindakannya di perhelatan yang dihormati oleh insan perfilman Hollywood.

Will Smith mengakui bahwa dia telah menghilangkan kesempatan bagi para nomine dan pemenang Piala Oscar untuk merayakan dan mendapat ucapan selamat atas karya mereka yang luar biasa.

"Saya sangat sedih. Saya ingin mengembalikan fokus kepada mereka yang berhak mendapat perhatian atas prestasi mereka," lanjut pria bernama lahir Willard Carroll Smith II tersebut.

Baca juga: Bos Academy Bertemu Will Smith untuk Bahas Insiden Tamparan ke Chris Rock

Dia juga akan mengembalikan fokus Academy kepada karyanya untuk mendukung kreativitas dan seni di perfilman.

“Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan,” ucap Smith.

"Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen melakukannya untuk memastikan tidak membuat kekerasan mengambil alih akal sehat," pungkas Will Smith.

Baca juga: Produser Oscar Ungkap Polisi Siap Tangkap Will Smith Usai Tampar Chris Rock, tapi...

Pascapengunduran diri Will Smith, Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences, David Rubin memberikan pernyatannya.

“Kami telah menerima pengunduran diri Will Smith dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences," kata Rubin.

“Kami akan terus melanjutkan proses disipliner kami terhadap Will Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, sebelum pertemuan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April,” tambahnya.

Baca juga: Komentar Pertama Chris Rock Usai Ditampar Will Smith dan Pertemuan Darurat The Academy

Sebelumnya diberitakan, peristiwa itu diawali Chris Rock yang membuat lelucon tentang istri Will Smith, Jada Pinkett Smith, yang berkepala botak.

Meskipun awalnya tertawa, Will Smith tiba-tiba berjalan ke panggung tempat Chris Rock bersiap membacakan daftar nominasi film dokumenter terbaik.

Tidak disangka, Will Smith menampar Chris Rock di hadapan penonton di Dolby Theatre dan yang menonton siaran langsung acara tersebut melalui televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com